Galatasaray 0-4 Borussia Dortmund (23/10/2014)

Kamis, 23 Oktober 2014

Borussia Dortmund pulang dengan poin penuh dari lawatannya ke markas Galatasaray di matchday 3 Liga Champions. Die Borussen memetik kemenangan telak 4-0 atas wakil Turki itu.

Dalam pertandingan di Turk Telekom Arena, Kamis (23/10/2014) dinihari WIB, Dortmund sudah unggul 3-0 saat turun minum. Dua gol dari Pierre-Emerick Aubameyang dan satu gol Marco Reus memberi Dortmund keunggulan tiga gol di babak pertama.

Di paruh kedua, Dortmund menambah satu gol lagi. Adrian Ramos melengkapi kemenangan Dortmund lewat golnya di menit ke-83.

Kemenangan ini menjaga kesempurnaan Dortmund di fase grup. Tim arahan Juergen Klopp itu memimpin klasemen Grup D dengan sembilan poin dari tiga laga. Sementara Galatasaray baru mengumpulkan satu poin dan ada di dasar klasemen.

Dortmund sudah membuka skor saat pertandingan baru berjalan enam menit. Pierre-Emerick Aubameyang menjebol gawang Fernando Muslera untuk membawa Dortmund unggul 1-0.

Gol ini berawal dari umpan terobosan Henrikh Mkhitaryan kepada Marco Reus. Reus kemudian melepaskan umpan crossing dan Aubameyang tanpa kesulitan menceploskan bola ke dalam gawang.

Hanya dalam tempo 12 menit, Dortmund kembali menjebol gawang Galatasaray. Umpan Lukasz Piszczek dari sisi kanan dituntaskan dengan sempurna oleh Aubameyang yang berdiri tak terkawal di dalam kotak penalti. Galatasaray 0-2 Dortmund.

Di menit ke-24, Shinji Kagawa nyaris menambah gol untuk Dortmund. Tapi tembakannya dari dalam kotak penalti masih bisa diselamatkan oleh Muslera.

Galatasaray bukan tanpa peluang. Di menit ke-27, tim tuan rumah mendapat tendangan bebas. Namun eksekusi Wesley Sneijder masih melambung di atas mistar gawang.

Aubameyang nyaris mencatatkan hat-trick di menit ke-31. Tapi sepakannya dari dalam kotak penalti menyambut umpan dari Mkhitaryan masih membentur mistar gawang.

Empat menit jelang turun minum, Reus memperbesar keunggulan Dortmund. Setelah menerima bola operan dari Kagawa, Reus melepaskan tembakan melengkung dari luar kotak penalti. Bola meluncur ke pojok gawang dan tak bisa dijangkau Muslera.

Jelang babak pertama usai, Dortmund masih mengancam gawang Galatasaray. Kali ini tembakan Mkhitaryan dari luar kotak penalti memaksa Muslera melakukan penyelamatan.

Skor 3-0 untuk Dortmund bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Galatasaray mencoba mengambil inisiatif menyerang. Di menit ke-53, Selcuk Inan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Namun bola masih menyamping di sisi kanan gawang Roman Weidenfeller.

Enam menit kemudian, Reus gagal memaksimalkan peluang yang didapatnya. Meski berdiri bebas, Reus gagal memasukkan bola ke dalam gawang setelah tendangan setengah volinya menyambut umpang Mkhitaryan melambung di atas mistar.

Sudah unggul tiga gol, Dortmund sedikit mengendurkan serangan. Namun di sisi lain, Galatasaray tak mampu menciptakan banyak peluang.

Meski demikian, Dortmund masih mampu menghadirkan ancaman untuk gawang Muslera. Di menit ke-72, sepakan Mkhitaryan dari dalam kotak penalti memaksa Muslera melakukan penyelamatan. Dua menit berselang, kiper asal Uruguay itu kembali menyelamatkan gawangnya dari kebobolan dengan menggagalkan tembakan Ilkay Guendogan dari jarak jauh.

Tujuh menit jelang waktu normal habis, Dortmund memperbesar keunggulannya. Adrian Ramos yang belum lama masuk menggantikan Kagawa menjebol gawang Galatasaray. Dia menuntaskan kerja sama satu-duanya dengan Guendogan.

Hingga laga usai, tak ada tambahan gol yang tercipta. Skor 4-0 untuk Dortmund tak berubah hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain

Galatasaray: Muslera, Alex Telles (Oztekin 62'), Chedjou, Semih Kaya, Tarik Camdal, Felipe Melo, Hamit Altintop (Dzemaili 61'), Selcuk Inan, Sneijder, Burak Yilmaz, Pandev (Colak 78')

Dortmund: Weidenfeller, Subotic, Hummels (Guendogan 69'), Papastathopoulos, Piszczek, Kehl, Bender (Ginter 55'), Kagawa (Ramos 82'), Reus, Mkhitaryan, Aubameyang

Berita Terkait: