Schake 2-1 Borussia Dortmund (27/9/2014)

Minggu, 28 September 2014

Duel antara dua musuh bebuyutan, Schalke 04 dan Borussia Dortmund, di Revierderby (derby Se-Wilayah) atau derby Lembah Ruhr akhirnya dimenangi oleh kubu Schalke. Kendati Dortmund tampil trengginas dengan banyaknya peluang yang mereka ciptakan, Schalke akhirnya menang dengan skor 2-1.

Kemenangan ini jadi yang pertama bagi Schalke sejak Maret 2013, di mana mereka juga menang 2-1 di kandang sendiri. Setelahnya, pada dua laga di musim 2013/2014, Die Knappen selalu gagal menang atas Dortmund. Setelah Dortmund menang 3-1 di laga perdana musim lalu, Dortmund dan Schalke bermain imbang 0-0 pada pertemuan kedua.

Pada pertemuan di Veltins Arena kali ini, Sabtu (27/9/2014) malam WIB, Schalke tampil rapi, meski mereka kalah dalam hal penguasaan bola. Statistik yang dilansir oleh ESPNFC menunjukkan Dortmund unggul penguasaan bola 55:45. Dortmund juga lebih banyak melepaskan attempts, yakni 17, tetapi hanya 5 di antaranya tepat sasaran. Sementara Schalke melepaskan 11 attempts dengan 6 di antaranya tepat sasaran.

Schalke mengawali pertandingan dengan baik, di mana mereka dengan sabar membongkar pertahanan Dortmund lewat operan-operan pendek. Mereka juga membuat sebuah peluang bagus lewat Sidney Sam ketika laga baru berjalan dua menit. Namun, tendangan kaki kiri Sam dari luar kotak penalti masih bisa dihentikan oleh kiper Dortmund, Roman Weidenfeller.

Pierre-Emerick Aubameyang kemudian membalas lewat sebuah peluang di menit kedelapan. Namun, peluang yang dihasilkannya menorehkan hasil yang sama dengan peluang milik Sam. Kiper Schalke, Ralf Fahrmann, mampu menghentikannya.

Schalke akhirnya unggul lebih dulu pada menit ke-10 lewat sebuah set piece. Berawal dari sebuah serangan yang dimotori oleh Kevin-Prince Boateng, Schalke akhirnya mendapatkan sepak pojok. Tendangan Dennis Aogo dari sepak pojok ini akhirnya disambut dengan sundulan oleh Joel Matip dan gawang Dortmund pun bobol.

Dortmund berusaha membalas gol tersebut dengan menekan pertahanan Schalke. Tetapi, peluang yang didapat oleh Kevin Grosskreutz dan Adrian Ramos masih belum mampu menembus jala Schalke. Sebaliknya, tuan rumah justru mampu menambah keunggulan di menit ke-23.

Usaha Klaas-Jan Huntelaar masih belum menemui hasil ketika tendangannya masih bisa diblok. Tapi, usaha Eric Choupo-Moting setelah memaksa Weidenfeller memungut bola dari dalam jalanya lagi. Tendangan Moting tepat dari dalam kotak penalti membawa Schalke memimpin 2-0.

Kebobolan dua gol menjadi alarm tanda bahaya buat Dortmund. Mereka pun langsung meningkatkan intensitas serangan dan akhirnya mencetak gol tiga menit setelah gol Moting. Umpan dari Adrian Ramos diselesaikan oleh Aubameyang dengan sepakan kaki kanan. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan sampai babak pertama selesai.

Dalam keadaan demikian, pelatih Dortmund, Juergen Klopp pun memasukkan Shinji Kagawa dan menarik keluar Ciro Immobile. Klopp jelas butuh kreativitas tambahan untuk membongkar pertahanan Schalke. Kendati demikian, Schalke bertahan dengan solid. Ini membuat Dortmund beberapa kali terpaksa melepaskan umpan-umpan panjang.

Beberapa pemain Dortmund sempat berusaha menciptakan gol dengan melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Namun, usaha mereka berujung kenihilan setelah barisan pertahanan Schalke mampu membloknya.

Menjelang babak kedua berakhir, Dortmund meningkatkan kembali meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun, pertahanan solid membuat tim tuan rumah bisa mempertahankan keunggulan dan akhirnya mereguk tiga poin. Schalke kini berada di urutan kedelapan klasemen sementara dengan nilai 8. Ini juga jadi kemenangan kedua mereka musim ini.

Sementara buat Dortmund, ini jadi kekalahan ketiga mereka musim ini. Mereka pun harus puas tersendat di urutan ke-10 klasemen sementara dengan koleksi nilai 7.

Susunan Pemain

Schalke 04: Fahrmann, Aogo, Uchida, Matip, Neustadter, Meyer, Boateng (Fuchs 71), Hoeger (Ayhan 79), Choupo-Moting, Sam (Clemens 37), Huntelaar.

Borussia Dortmund: Weidenfeller, Subotic, Hummels (Papastathopoulos 80), Piszczek, Durm, Ginter, Bender, Grosskreutz (Jojic 69), Aubameyang, Immobile (Kagawa 57), Ramos.

Berita Terkait: