Ian Thorpe Ngaku Dirinya Gay

Senin, 14 Juli 2014

Pemilik lima medali emas Olimpiade Ian Thorpe membuat pengakuan mengejutkan. Kepada televisi Australia, perenang 31 tahun itu berterus terang jika dirinya gay.

Popularitas Thorpe mencuat ketika Olimpiade 2000 di Sidney. Sebagai spesialis perenang gaya bebas, Thorpe--kala itu berumur 18 tahun--meraup lima medali emas. Dua tahun sebelumnya, Thorpe menarik perhatian dunia sebagai peraih medali emas Kejuaraan Dunia termuda.

Kabar mengejutkan kembali muncul. Kali ini bukan tentang prestasi di kolam renang, Tapi ada persoalan seksual yang menerpa dia.

"Saya memikirkan semua ini sejak lama. (Orientasi seksual) Saya melenceng," kata Thorpe dengan penuh emosional seperti dikutip BBC.

Sejatinya sejak dua tahun lalu rumor itu sudah berkembang. Namun, Thorpe menyanggah dan menyebut dirinya tak mempunyai masalah seksual. Tapi dua pekan terakhir, persoalan itu kian mengganggu. Dia tak bisa lagi menutup-nutupinya.

"Saya ingin mengatakannya, tapi tidak bisa. Saya tak sekuat seperti yang saya duga," ucap pria 31 tahun itu.

"Apa yang saya rasakan adalah sebuah kebohongan yang makin besar. Saya tidak ingin orang-orang menanyakan integritas saya," tutur dia.

Dukungan datang dari rekan sesama perenang Australia. Stephanie Rice menganggap keputusan itu sebagai langkah terbaik

"Thorpe tetap dan akan selalu menjadi superstar di mata saya," kata Stephanie.

Thorpe memang kerap dirundung persoalan psikologis. Dia pernah berniat bunuh diri karena terlalu depresi dan kecanduan alkohol. Dia juga pernah bermasalah dengan kepolisian.

Berita Terkait: