Ryan Giggs Pensiun dari Sepakbola

Selasa, 20 Mei 2014

Beberapa saat setelah penunjukan Louis van Gaal sebagai juru taktik baru Manchester United, kini giliran salah satu ikon Old Trafford, Ryan Giggs secara resmi menutup karirnya sebagai pemain.

Giggs adalah orang terakhir dari The Class of 92’ yang masih menjadi punggawa Setan Merah hingga musim 2013/2014 berakhir. Pemain yang mendapatkan kontrak professional pertamanya tepat pada ulang tahun ke-17 dan membuat debut pada 2 Maret 1991 kala United menjamu Everton di Old Trafford.

Walaupun debut tidak berjalan manis karena United kalah 0-2 dari Everton, pertandingan itu adalah langkah awal bagi pemain yang bernamaRyayayan lengkap Ryan Joseph Giggs menuju petualangan selama 24 tahun bersama Manchester Merah.

Total sebanyak 963 pertandingan dan sebanyak 114 gol yang telah ditorehkan oleh pemain bernomor punggung 11 ini. Sebanyak 34 trofi telah ia persembahkan kepada klub yang membesarkan namanya, dengan rincian, 13 trofi Premier League, dua trofi Champions League, empat FA Cup, empat Capital One, sembilan Community Shield, satu EUFA Super Cup, satu Intercontinental Cup  dan sebuah trofi Piala Dunia Antar Klub.

Dalam surat resmi yang dirilis di situs resmi klub, Giggsy mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah berjasa kepadanya dan tentang kelanjutan kariernya sebagai seorang Asisten Pelatih United di bawah kepemimpinan Van Gaal mulai musim depan.

Begini isi surat Giggs yang dirilis resmi,

Hari ini adalah sebuah hari yang fantastis bagi Manchester United. Penunjukkan Louis van Gaal merupakan keputusan yang tepat dan saya sangat senang untuk bekerja bersama seseorang yang memiliki kapasitas sepertinya. Saya yakin klub akan berkembang di bawah kepemimpinannya selama tahun-tahun kedepan.

Saya juga ingin mengambil kesempatan ini untuk mengumumkan bahwasanya karier saya sebagai pemain sepakbola professional telah berakhir dan memulai sebuah bab baru dari hidup saya yang begitu menarik, sebagai seorang Asisten Pelatih Manchester United. Saya sangat bangga, terhormat dan beruntung telah menjadi bagian dari klub terbesar di dunia sebanyak 963 kali dan 64 kali untuk Tim Nasional Wales.

Mimpiku adalah selalu bermain untuk Manchester United, walaupun saya merasa sedih musim depan saya tidak dapat menarik jersey United lagi sebagai seorang pemain, saya sudah cukup beruntung untuk dapat bermain dengan pemain terbaik di dunia, bekerja di bawah seorang pelatih yang luar biasa, Sir Alex Ferguson dan yang terlebih, bermain untuk penggemar terbesar di dunia sepakbola. Saya selalu merasa dan menghargai dukungan Anda.

Saya juga ingin berterimkasih kepada tim staff dan seluruh anggota tim yang telah memberikan dukungan di Manchester United selama bertahun-tahun. Saya tidak akan mencapai keberhasilan yang saya miliki tanpa dedikasi berkelanjutan dan komitmen untuk menciptakan lingkungan terbaik yang memungkinkan para pemain untuk berkembang.

Saya tidak akan memenangkan 34 piala dalam karir saya tanpa Anda. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih khusus untuk teman-teman dan keluarga atas semua cinta dan dukungannya. 

Bagi Saya, hari ini merupakan babak baru diisi dengan banyak emosi – kebanggaan, kesedihan, tetapi kebanyakan dari semua, kegembiraan menuju masa depan. United fans saya berharap akan berbagi dan merasakan keyakinan saya bahwa pihak klub, manajemen dan pemilik, melakukan segala sesuatu yang mereka bisa untuk membawa klub sebagai sebua klub besar di tempatnya, dan saya berharap untuk tetap berada disana, disetiap langkah dalam perjalanannya menuju kearah itu.

Untuk para fans terbesar di dunia sepakbola, terima kasih, saya mencintai setiap menit bermain untuk Anda dan mewakili klub terbesar dan terbaik di dunia.

Sampai jumpa musim depan,
 
Ryan Giggs
u

Berita Terkait: