Bayern Munich Juara DFB Pokal 2013/2014

Minggu, 18 Mei 2014

Bayern Munich sukses mempertahankan titel juara DFB-Pokal di musim 2013/14. Pada laga final di Olympiastadion, Minggu (18/5) dinihari WIB, Bayern menundukkan Borussia Dortmund 2-0 lewat extra time.

Setelah bermain imbang tanpa gol selama 2x45 menit, Bayern membuka skor di awal paruh kedua babak tambahan waktu lewat Arjen Robben.

Thomas Mueller memastikan kemenangan menjadi milik Die Roten setelah menggandakan keunggulan beberapa saat sebelum pertandingan bubar.

Dengan trofi ini, Bayern mengakhiri musim dengan Double Winners setelah sebelumnya berhasil menjuarai Bundesliga.

Peluang pertama tercipta dari Bayern. Di menit keempat, Thomas Mueller menerima umpan terbosan Arjen Robben sebelum melepaskan tembakan ke tiang dekat yang diselamatkan Roman Weidenfeller dengan wajahnya.

Peluang lain dari Bayern empat menit berselang. Robben berhasil mengalahkan Mats Hummels untuk melepaskan sepakan kencang yang mengarah ke Weidenfeller.

Dortmund membalas. Di menit ke-29, Marco Reus mencoba peruntungannya dari pinggir kotak penalti. Namun, sepakannya gagal menemui sasaran.

Di menit ke-40, Robben mengklaim penalti setelah beradu bola dengan Lukas Piczszcek. Namun, wasit tidak menganggapnya sebagai pelanggaran dan hanya menghadiakan tendangan gawang.

Menjelang turun minum, Pierre Hojbjerg menebar ancaman usai sepakannya melebar tipis dari gawang Weidenfeller yang dibalas Dortmund dengan peluang Robert Lewandowski. Akan tetapi, tendangan voli Lewandowski melambung.

Pasca restart, Bayern nyaris membuka skor. Tepatnya di menit ke-56, akselerasi Franck Ribery di sisi kiri diakhri dengan umpan silang kepada Mueller yang ada di depan gawang. Tapi sontekan Mueller masih mentah di tangan Weidenfeller.

Sapuan bola yang buruk dari Manuel Neuer. Bola jatuh di jalur Lewandowski yang kemudian dilanggar di pinggir kotak. Tendangan bebas bagi Dortmund di posisi yang berbahaya.

Kesempatan ini gagal dimanfaatkan setelah eksekusi Reus hanya membentur pagar hidup Bayern dan berujung sepak pojok.

Di menit ke-66, insiden kontroversial terjadi. Sundulan Mats Hummels tampak sudah melewati garis gawang yang kemudian disapu oleh Dante. Namun, wasit memutuskan tidak terjadi gol yang memicu protes keras kubu Dortmund. Skor masih 0-0.

Peluang bagus dari Oliver Kirch. Tembakan Kirch memaksa Neuer melakukan penyelamatan gemilang di menit ke-72. Hanya tiga menit berselang, Robben melepaskan sepakan ke arah Weidenfeller sebelum bola muntah disambar Ribery dan melebar tipis.

Dua menit babak tambahan waktu. Namun skor 0-0 tidak berubah hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan selesai. Laga pun berlanjut ke extra time.

Sebuah peluang emas dari Dortmund. Bola yang lepas dari kaki Toni Kroos, Aubameyang melakukan tendangan keras yang melebar tipis dari tiang kanan gawang Neuer.

Kebuntuan akhirnya terpecah di menit ke-109. Umpan Jerome Boateng diselesaikan oleh Robben untuk menggetarkan gawang Dortmund. Bayern memimpin 1-0.

Enam menit kemudian, Bayern nyaris membunuh pertandingan. Robben menggiring bola ke arah gawang sebelum mencukil bola dari dalam kotak. Weidenfeller dengan tenang bisa menghalau bola Robben.

Mueller menentukan kemenangan Bayern. Di masa injury time babak tambahan, Mueller membawa Bayern unggul 2-0 setelah mengitari Weidenfeller sebelum menyarangkan bola ke gawang.

Susunan Pemain
BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller, Piszczek, Sokratis, Hummels, Schmelzer, Jojic (Aubameyang 83'), Sahin, Mkhitaryan (Kirch 60'), Reus, Grosskreutz (Hofmann 110'), Lewandowski

BAYERN MUNICH: Neuer, Rafinha, Dante, Boateng, Lahm (Ribery 30') (Pizarro 109'), Hojbjerg, Martinez, Kroos, Robben, Goetze, Mueller

Berita Terkait: