Atletico Madrid Juara Liga Spanyol 2013/2014

Minggu, 18 Mei 2014

Atletico Madrid meraih hasil minimal yang dibutuhkan untuk tetap bertahan di puncak klasemen hingga akhir kompetisi Liga Spanyol 2013/2014. Berimbang 1-1 dengan Barcelona, Atletico jadi juara.

Bertamu ke Camp Nou, Sabtu (17/5/2014) malam WIB, Atletico dapat pukulan telak di menit-menit awal pertandingan. Mereka berhasil meredam Barcelona, tapi kabar buruk datang terkait cedera yang dialami Diego Costa dan Arda Turan yang membuat keduanya berturut-turut meninggalkan lapangan karena cedera di menit 16 dan 23.

Kondisi Atletico seakan makin buruk saat Alexis Sanchez berhasil membuat Barca unggul dengan gol indahnya di menit 33. Dalam kondisi itu Barca mengambil alih puncak klasemen.

Namun Atletico mampu bangkit di awal babak kedua. Saat laga baru berjalan tiga menit mereka sukses menjebol gawang Barca untuk mencetak gol penyama. Adalah Diego Godin yang membuat pendukung Blaugrana tertuntuk. Meski dapat tekanan hebat di sisa pertandingan, Atletico berhasil mempertahankan skor 1-1 hingga wasit meniup peluit panjang tanda laga tuntas.

Butuh kemenangan untuk bisa naik ke puncak klasemen, Barcelona langsung mengambil inisiatif serangan di menit-menit awal pertandingan. Namun tuan rumah terbentur rapatnya pertahanan Atletio yang tampil solid.

Kabar buruk mendatangi Atletico di menit 14 saat Diego Costa terlihat menahan sakit dan terduduk di atas lapangan, dia kemudian diganti karena mengalami cedera hamstring. Masalah tim tamu bertambah karena Arda Turan gantian keluar lapangan di menit 23. Dia juga mengalami cedera.

Barcelona punya dua kesempatan dari umpan silang yang dilepaskan Daniel Alves. Yang pertama tandukan Alexis masih bisa ditangkap Courtois sementara upaya kedua dari Pedro Rodriguez tak membuahkan hasil karena bola hasil tandukannya melayang tinggi.

Di menit 33 gol yang ditunggu publik Camp Nou akhirnya datang. Diawali umpan Cesc Fabregas ke tengah kotak penalti, di sana Lionel Messi berhasil menahan bola dengan dadanya. Si kulit bundar yang bergulir pelan langsung disambar Alexis. Meski dari sudut sempit, bola sepakan Alexis masuk ke gawang melalui tiang dekat. Barca unggul 1-0.

Di awal babak kedua Atletico Madrid langsung menyengat. Di menit pertama tendangan David Villa dari dalam kotak penalti dimentahkan tiang gawang. Dua menit berselang serbuannya ke kotak penalti juga nyaris berujung gol. Tinggal berhadapan dengan Pinto, Villa gagal mengeksekusi bola karena dihadang Adriano.

Gol Atletico! Dari tendnagan sudut yang dilepaskan Koke, Diego Godin berhasil memenangi duel udara. Tandukan bertenaga yang dia lepaskan tak mamu dihentikan Pinto. Skor kini sama kuat 1-1.

Barcelona langsung melancarkan serangan gencar ke pertahanan Atletico setelah mereka kebobolan. Namun upaya mencetak gol kedua selalu terhadang kokohnya pertahanan Atletico.

Masuknya Neymar di pertengahan babak kedua juga tak membuahkan hasil. Atletico yang bertahan dengan rapi bahkan beberapa kali menciptakan ancaman melalui serengan balik.

Messi sempat mencetak gol di pertengahan babak kedua, saat dia menyambar bola kemelut di muka gawang. Namun wasit membatalkan gol tersebut karena dia lebih dulu tertangkap offside.

Tak ada gol tercipta di sisa pertandingan. Skor 1-1 membuat Atletico jadi juara La Liga 2013/2014.

Susunan Pemain
Atletico: Courtois; Juanfran, Miranda, Godín, Filipe; Tiago, Gabi; Koke, Arda ('23 Garcia), David Villa, Diego Costa ('16 Adrian) ('72 Ernesto Sosa)

Barcelona: Pinto, Alves, Pique;, Mascherano, Adriano, Sergio ('73 Song), Cesc ('77 Xavi), Iniesta, Alexis, Pedro ('62 Neymar), Messi

Berita Terkait: