Real Madrid Juara Copa Del Rey 2013/2014

Kamis, 17 April 2014

Real Madrid merengkuh trofi Copa del Rey musim ini usai mengalahkan Barcelona di laga final dengan skor 2-1.

Pada laga yang dihelat di Mestalla Stadium, Kamis (17/4/2014) dinihari WIB, Madrid unggul duluan di babak pertama lewat gol Angel Di Maria.

Di babak kedua Marc Bartra menyamakan skor untuk Barca sebelum Gareth Bale memastikan kemenangan untuk timnya sekaligus memberi trofi pertama untuk Carlo Ancelotti semenjak jadi pelatih Madrid musim panas lalu.

Sementara itu Barca dalam tempo sepekan sudah kehilangan peluang untuk meraih trofi setelah pekan lalu tersingkir di perempatfinal Liga Champions. Kans Los Cules meraih trofi tinggal ada di La Liga, meski terbilang sulit karena tertinggal dari Atletico Madrid dan Madrid.

Peluang pertama di laga ini hadir dari kaki Gareth Bale di menit keenam. Berlari mengejar umpan terobosan Isco, Bale menuntaskan lewat sepakan kaki kiri tapi bola melebar di sisi kiri gawang Barca.

Dua menit setelahnya Bale kembali mendapat peluang di kotak penalti. Sambil dibayangi Javier Mascherano, Bale melepaskan sepakan yang membentur badan Mascherano dan hanya menghasilkan sepak pojok.

Madrid akhirnya mampu menjebol gawang Barca di menit 10. Kerjasama segitiga antara Bale, Karim Benzema, dan Di Maria berhasil menembus pertahanan Barca.

Di Maria lalu melakukan solo run hingga kotak penalti dan melepaskan sepakan diagonal ke tiang jauh tanpa bisa dihalau oleh Jose Pinto.

Barca berhasil membongkar pertahanan Madrid pertama kalinya di menit 20 ketika Cesc Fabregas bebas di sisi kanan kotak penalti. Umpan tarik ia lepaskan ke depan gawang gawang tapi Lionel Messi telat menyambut umpan tersebut.

Di menit 22 crossing ke tiang jauh disambut tandukan Jordi Alba tapi bola tepat mengarah ke pelukan Iker Casillas.

Madrid kembali menggebrak di menit 35 lewat Bale yang bergerak di sisi kiri yang kemudian mengirim umpan ke depan gawang dan disambut Isco, tapi bola hasil sepakannya bisa diblok Alba.

Lima menit memasuki turun minum, Barca mengancam gawang Casillas dari sebuah kemelut di pertahanan Madrid. Tapi tembakan Messi dari luar kotak penalti masih melebar dari bidang sasaran.

Skor 1-0 bertahan hingga babak pertama tuntas.

Dua menit selepas restart, Madrid kembali melakukan serangan balik ke pertahanan Barca tapi tembakan Bale masih menyamping di sisi gawang Pinto.

Di menit 54 Bale dapat peluang lagi setelah sapuan bola tak sempurna dari Sergio Busquets membuat bola jatuh di kakinya. Tapi ia tak mampu jaga akurasi tembakannya dan bola melayang di atas mistar.

Di menit 65 Barca akhirnya dapat shot on goal pertama di laga ini. Marc Bartra melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti dan Casillas berhasil menepis bola itu.

Semenit setelahnya Benzema mengancam gawang Barca dari sebuah sepakan terukur ke sudut gawang, tapi Pinto mampu menepisnya,

Dari situasi sepak pojok, Bale sebenarnya mampu menjebol jala Barca tapi dianulir karena lebih dulu terjadi pelanggaran kepada Pinto.

Barca menyamakan kedudukan di menit 68. Dari sepak pojok, bola mengarah ke tengah kotak penalti dan Bartra yang bebas tanpa kawalan menyundul bola ke pojok kiri atas tanpa bisa dijangkau Casillas.

Luka Modric nyaris menjebol jala Barca lewat sepakan dari luar kotak penalti, tapi bola masih tipis menyamping di sisi kanan gawang Pinto.

Bale! Winger asal Wales itu akhirnya mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah beberapa peluang gagal menjadi gol. Golnya di menit 84 membawa Madrid kembali memimpin 2-1.

Madrid membangun serangan dari daerah pertahanan sendiri ketika Coentrao menyodorkan bola kepada Bale yang langsung melakukan sprint ke kotak penalti Barca.

Memenangi duelnya dengan Bartra, Bale dengan mudah masuk area 16 meter lawan dan menyontek pelan bola ke gawang Pinto.

Neymar membuang peluang emas bikin gol di menit 89 ketika tembakannya dari jarak dekat membentur tiang gawang dan bola muntah langsung diamankan Casillas.

Skor 2-1 bertahan hingga laga usai dan Madrid tampil sebagai juara.

Susunan Pemain
Barcelona: Pinto; Alves, Mascherano, Bartra (Alexis 89'), Alba (Adriano 46'); Sergio Busquets, Xavi, Iniesta; Neymar, Cesc (Pedro 60'), Messi

Real Madrid: Casillas, Carvajal, Pepe, Sergio Ramos, Coentrao, Xabi Alonso, Modric, Isco (Casemiro 89'), Di Maria (Illarramendi 89'), Bale, Benzema (Varane 90').

Berita Terkait: