Newcastle 0-4 Manchester United (5/4/2014)

Minggu, 06 April 2014

Manchester United membawa pulang poin penuh dari markas Newcastle United. The Red Devils menang telak 4-0 atas tim tuan rumah. Juan Mata mencetak dua gol pada laga ini.

MU menurunkan sejumlah pemain pelapis pada pertandingan di St. James' Park, Sabtu (5/4/2014). Nama-nama seperti Anders Lindegaard, Darren Fletcher, dan Javier Hernandez menghiasi starting line-up mereka.

Meski tak tampil full team, MU tetap mampu meraih hasil maksimal. Mereka unggul 1-0 pada babak pertama lewat tendangan bebas Mata. Setelah turun minum, Mata dan Hernandez memperbesar keunggulan MU. Gol Adnan Januzaj di injury time akhirnya memantapkan kemenangan tim tamu.

Tambahan tiga angka mengangkat posisi MU ke peringkat keenam klasemen sementara Liga Primer Inggris. Mereka mengumpulkan 57 poin dari 33 pertandingan. Newcastle tetap di peringkat kesembilan dengan 46 poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang pertama pada pertandingan ini menjadi milik Newcastle. Tendangan bebas Davide Santon pada menit kedua disundul oleh Dan Gosling, tapi bola mengarah ke samping gawang.

Setelah itu, kedua tim terlibat jual beli serangan, tapi serangan mereka tak pernah benar-benar menghasilkan peluang berarti dan selalu kandas.

Peluang berikutnya baru tercipta pada menit ke-22. Papiss Cisse yang membelakangi gawang dan dikawal Chris Smalling di kotak penalti masih bisa menembak, tapi overhead kick-nya terlalu lemah dan kiper Lindegaard dengan mudah menangkap bola.

Dua menit kemudian, Cisse kembali mendapatkan kesempatan. Sundulannya meneruskan umpan silang Santon mengarah ke gawang, tapi masih bisa ditepis Lindegaard.

Kebuntuan terpecahkan ketika pertandingan memasuki menit ke-38. Pelanggaran Gosling terhadap Fletcher membuat MU mendapatkan tendangan bebas sedikit di luar kotak penalti Newcastle. Mata mengambil tendangan bebas tersebut dan sepakan kaki kirinya menembus pojok atas gawang Robert Elliot.

MU nyaris menggandakan keunggulannya pada menit ke-44. Tapi, tembakan kaki kanan Hernandez digagalkan oleh tiang gawang.

Lima menit setelah babak kedua dimulai, MU benar-benar mencetak gol keduanya. Hernandez yang menggiring bola di sisi kanan melepaskan umpan matang ke kotak penalti. Bola diterima Mata, yang dengan tenang mengecoh Fabricio Coloccini dan kemudian menceploskan si kulit bundar ke dalam gawang. Newcastle 0, MU 2.

Hernandez membuang peluang yang didapatnya pada menit ke-60. Sepakannya meneruskan umpan mendatar Shinji Kagawa melambung dan tak mengarah ke sasaran.

Tapi, Hernandez tak lagi membuat kesalahan lima menit kemudian. Dia mencetak gol untuk membawa tim tamu memimpin 3-0. Gol ini diawali umpan terobosan Januzaj kepada Kagawa. Kagawa yang menusuk ke kotak penalti kemudian memberikan bola kepada Hernandez. Hernandez tak menyia-nyiakan peluang dan sontekannya membuat gawang Newcastle bergetar lagi.

Memasuki menit ke-71, Newcastle berpeluang memperkecil ketertinggalan lewat aksi Cisse. Tapi, tembakan keras pemain bernomor punggung 9 itu dimentahkan oleh Lindegaard.

Lindegaard kembali membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-84. Dia menepis tembakan jarak dekat Cisse.

Kemenangan MU dimantapkan oleh Januzaj di injury time. Januzaj bermain umpan satu-dua dengan Mata di kotak penalti Newcastle dan dengan dingin menaklukkan Elliot.

Susunan Pemain
Newcastle United: Elliot, Santon, Williamson, Coloccini, Haidara, Anita, Gosling, Tiote, Gouffran (Shola Ameobi 85'), De Jong (Ben Arfa 61'), Cisse

Manchester United: Lindegaard, Valencia, Smalling, Jones, Evra (Buttner 64'), Fletcher, Fellaini (Nani 69'), Young (Januzaj 18'), Mata, Kagawa, Hernandez

Berita Terkait: