Lewis Hamilton Menang GP Bahrain (6/4/2014)

Senin, 07 April 2014

Lewis Hamilton menjadi pebalap yang pertama menyentuh garis finis dalam balapan GP Bahrain, setelah menjalani duel sengit sepanjang race dengan Nico Rosberg. Di Bahrain International Circuit, Mercedes masih berjaya.

Dalam balapan yang digelar Minggu (6/4/2014) malam WIB, Hamilton mulai memimpin balapan sejak tikungan pertama lap pertama. Dalam beberapa kesempatan dia memang sempat disalip Rosberg, namun Hamilton selalu mampu merebut kembali urutan terdepan.

Duel sesama penunggang Mercedes itu berlangsung sampai lap terakir, di mana setidaknya lebih dari empat kali Hamilton dan Roseberg saling salip dan berduel wheel to wheel.

Finis di posisi ketiga pada balapan ini adalah Sergio Perez. Pebalap Force India itu berada di depan duo Red Bull, Daniel Ricciardo dan Sebastian Vettel yang berturut-turut ada di posisi empat dan lima.

Meski posisi terdepan didominasi Hamilton dan Roseberg, GP Bahrain berlangsung sengit dengan beberapa pebalap satu tim terlibat pertarungan seru di atas lintasan. Selain tarung antara Felipe Massa dan Valtteri Bottas di tim Williams, Ricciardo juga menjalani duel sengit dengan Vette, terutama jelang race berakhir.

Meski finis kedua, Roseberg masih bertahan di puncak klasemen dengan poin 61. Sementara Hamilton, yang pekan lalu juga jadi juara di GP Malaysia, ada di urutan dua dengan poin 50. Hasil balapan di Bahrain ini menjadi ulangan di Sepang, di mana Mercedes juga berhasil finis satu-dua.

Duel Hamilton dengan Rosberg sudah dimulai hanya beberapa meter setelah garis start. Hamilton yang memulai balapan dari posisi kedua langsung memimpin balapan usai menyalip Rosberg di tikungan pertama. Masih di lap pertama, Hamilton terus dapat tekanan hebat dari Rosberg, di mana salah satu upaya si pebalap Jerman melakukan manuver menyalip membuatnya sedikit melebar ke luar lintasan.

Start bagus juga dipunya Felipe Massa yang langsung melonjak lima peringkat ke posisi tiga. Sementara upaya Kimi Raikkonen meraih podium di Bahrain langsung dapat tantangan berat karena startnya kurang oke dan langsung turun ke urutan sembilan. Juga mengawali balapan dengan kurang memuaskan adalah Fernando Alonso yang cuma naik satu posisi ke urutan sembilan dibanding urutan start.

Berada di posisi tiga, Massa tak bisa tenang karena dia terus ditekan Sergio Perez. Setelah masuk pit, Massa gagal melanjutkan performa baiknya karena dia terus merosot posisinya.

Di posisi terdepan Hamilton dan Rosberg berhasil melepaskan diri dari para pesaingnya. Namun justru di situlah terjadi beberapa momen seru pada balapan ini dengan keduanya berulang kali saling salip. Di lap 18, Rosberg berhasil mecuri posisi pertama di tikungan pertama, tapi itu cuma bertahan beberapa meter karena Hamilton kembali menyalip dan berhak atas posisi terdepan.

Masih di lap yang sama, duo Mercedes itu kembali terlibat persaingan panas. Rosberg kembali mencuri posisi terdepan tapi kembali dia tak bisa lama mempertahankan posisi tersebut, sempat berduel weel to wheel dengan hamilton, si pebalap inggris bisa sekali lagi merebut urutan satu.

Hamilton akhirnya harus merelakan posisinya diambil Rosberg saat dia masuk pit di lap 20. Namun saat Rosberg gantian mengganti ban, Hamilton bisa kembali merebut status pemimpin balapan.

Rivalitas antara pebalap satu tim bukan cuma punya Mercedes. Di lap 25 Bottas berhasil merebut posisi tiga dari tangan Massa.

Saat balapan tersisa 16 lap safety car masuk ke dalam lintasan menyusul kecelakaan yang melibatkan Esteban Gutierrez dan Pastor Maldonado. Si pebalap Sauber harus mengalami momen yang cukup mengerikan saat mobilnya terbalik di udara akibat dihantam di bagian tengah dari sisi kanan. Beruntung Gutierrez tak mengalami cedera karena dia bisa langsung bangkit dan keluar dari mobilnya.

Kemunculan safety car merusak keunggulan Mercedes atas pesaing-pesaingnya yang sudah berjarak cukup jauh. Namun buat Rosberg hal itu jadi keuntungan karena dia bisa merapatkan jarak lagi dengan Hamilton.

Di lap 47 safety car kembali ke garasinya, dan duel seru kembali terjadi. Rosberg langsung memberi tekanan hebat pada Hamilton untuk merebut posisi terdepan, keduanya untuk kali kesekian kembali bersanding wheel to wheel. Skenario serupa terjadi dalam perebutan posisi tiga yang melibatkan Perez dan Hulkenberg. Sementara di belakanganya ada duo redbull, Vettel dan Ricciardo yang menempati urutan lima dan enam.

Memasuki lap 50 Vettel harus melepas posisi lima yang dia punya. Di tikungan pertama yang mengarah ke kanan dia disalip Ricciardo.

Kembali ke posisi terdepan, Rosberg berulang kali menebar ancaman dengan berupaya menyalip Hamilton melalui sisi dalam. Namun si pebalap Inggris selalu bisa mempertahankan posisinya. Sampai akhirnya menyentuh garis finis, Hamilton berhasil mempertahankan posisi terdepannya.

Hasil GP Bahrain

1. Lewis Hamilton Mercedes 1h38m42.743
2. Nico Rosberg Mercedes +1.085s
3. Sergio Perez Force India-Mercedes +24.067s
4. Daniel Ricciardo Red Bull-Renault +24.489s
5. Nico Hulkenberg Force India-Mercedes +28.654s
6. Sebastian Vettel Red Bull-Renault +29.879s
7. Felipe Massa Williams-Mercedes +31.200s
8. Valtteri Bottas Williams-Mercedes +31.800s
9. Fernando Alonso Ferrari +32.500s
10. Kimi Raikkonen Ferrari +33.400s
11. Daniil Kvyat Toro Rosso-Renault +41.300s
12. Romain Grosjean Lotus-Renault +43.100s
13. Max Chilton Marussia-Ferrari +59.900s
14. Pastor Maldonado Lotus-Renault +1m02.800s
15. Kamui Kobayashi Caterham-Renault +1m27.900s
16. Jules Bianchi Marussia-Ferrari +1 lap
17. Jenson Button McLaren-Mercedes +2 laps

Berita Terkait: