Langgar Aturan Transfer, Barcelona Dilarang Jual Beli Pemain 14 Bulan

Sabtu, 05 April 2014

Barcelona dapat hukuman berat dari FIFA. Didakwa telah melakukan transfer ilegal terhadap pemain berusia di bawah 18 tahun, Blaugrana dijatuhi sanksi larangan melakukan transfer selama 14 bulan.

"FC Barcelona kedapatan melanggar regulasi article 19 pada kasus yang melibatkan 10 pemain belia dan melakukan beberapa pelanggaran lain terkait dengan pemain-pemainnya," demikian pernyataan resmi FIFA seperti dikutip dari BBC.

Atas pelanggaran tersebut Barcelona dijatuhi hukuman larangan transfer selama 14 bulan. Itu artinya Blaugrana tidak diperkenankan membeli atau menjual pemain pada dua bursa transfer, yakni musim Juni 2014 dan Januari 2015. Aktivitas transfer mereka baru akan kembali normal pada musim panas 2015.

Atas tuduhan yang sama Barcelona juga dijatuhi denda sebesar 305.000 euro atau sekitar Rp 4,7 miliar.

FIFA juga menjatuhkan dakwaan yang sama pada Asosiasi Sepakbola Spanyol. Hukuman denda sebesar 340.000 euro pun dijatuhkan pada RFEF.

"Komisi Disiplin menyatakan telah terjadi pelanggaran serius dan memutuskan menjatuhkan sanksi pada klub berupa larangan melakukan transfer baik di level nasional maupun internasional untuk dua periode bursa transfer, dan juga menjatuhkan denda 450.000 Swiss francs."

"Sebagai tambahan, klub (Barcelona) diberi waktu selama 90 hari untuk menuntaskan situasi terkait transfer-transfer minor atas pemain yang bersangkutan," lanjut pernyataan tersebut.

Berdasarkan article 19, transfer internasional hanya diperbolehkan jika pemain sudah berusia 18 tahun atau lebih. Sementara FIFA menyebut telah menemukan paling tidak 10 kontrak pemain yang menyalahi regulasi tersebut dalam selang 2009 sampai 2013.

Berita Terkait: