Manchester United 3-0 Olympiakos (20/3/2014)

Kamis, 20 Maret 2014

Manchester United mampu lolos ke babak perempatfinal Liga Champions usai memetik kemenangan 3-0 atas Olympiakos. Robin van Persie mengemas hat-trick, The Red Devils pun menang agregrat 3-2.

Dalam pertandingan leg II babak 16 besar yang berlangsung di Old Trafford, Kamis (20/3/0214) dinihari WIB, MU sudah bisa menyamakan agregrat di babak pertama berkat gol Van Persie di menit ke-25 dan injury time babak pertama.

Van Persie memastikan 'Setan Merah' lolos ke babak delapan besar lewat satu sepakan bebasnya di menit 51.

Tapi, kemenangan MU itu harus dibayar mahal dengan cedera yang dialami oleh Van Persie akibat dilanggar oleh Ivan Marcano paa menit ke-88.

Dengan hasil ini, MU pun mampu lolos dari lubang jarum untuk memastikan satu tempat di babak perempatfinal. Mereka menang agregrat 3-2 dari wakil Yunani itu.

MU mendapatkan peluang pertama di menit ketujuh. Sepakan bebas Rooney dari sisi kiri pertahanan Olympiakos di arahkan ke tiang jauh. Kiper Olympiakos Roberto Gago bisa menebak arah bola hingga bisa menepisnya.

Rooney mengirimkan umpan silang menyusur tanah yang matang di menit 12. Tapi, Van Persie gagal mengonversi kans itu menjadi gol sebab mendapatkan tempelan ketat dari bek Olympiakos.

Olympiakos balas mengancam di menit 16. Joel Campbell memberikan umpan tarik ke tengah kotak penalti MU, yang bisa disambut oleh Hernan Perez. Langsung melakukan sontekan, Perez malah mengirimkan bola melayang jauh di atas mistar.

Rooney nyaris saja membuka skor buat MU. Sundulannya meneruskan crossing Ryan Giggs di menit 18 masih menerpa tiang gawang.

MU mendapatkan penalti di menit 25. Van Persie yang sukses menguasai umpan panjang dari lini belakang, dilanggar oleh salah satu bek Olympiakos Jose Holebas di dalam kotak penalti.

Wasit menunjuk titik putih, Van Persie yang mengambil sendiri tendangan penalti itu bisa menyarangkan bola masuk ke gawang Olympiakos yang dikawal oleh Roberto Gago.

Enam menit berselang, Antonio Valencia melakukan percobaan dari sayap kanan. Dia melakukan sepakan spekulasi yang masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh Roberto.

Roberto melakukan penyelamatan gemilang di menit 35. Dia bisa menepis sundulan Patrice Evra dari sepak pojok yang dilakukan oleh Van Persie.

Hat-trick Van Persie dan Comeback Gemilang MU
David De Gea juga tak mau kalah dengan melakukan penyelamatan ganda di menit 40. Dia sukses menepis upaya Alejandro Dominguez, lalu menghalau kans bola rebound yang didapat oleh David Fuster.

Di masa injury time, Van Persie membawa MU menggandakan keunggulan. Menerima umpan silang Rooney, dia menyontek bola masuk ke gawang Olympiakos.

MU unggul 2-0 saat turun minum. Agregrat pun kini menjadi imbang 2-2.

MU mendapatkan pelanggaran di sisi kanan kotak penalti Olympiakos usai Danny Welbeck dijatuhkan di menit 52. Van Persie mengeksekusi sepakan bebas yang dengan mulus masuk ke sisi kanan gawang Olympiakos yang dikawal oleh Roberto.

MU pun kini sudah unggul agregrat 3-2 atas wakil Yunani itu.

Tiga menit berselang, Olympiakos menebar ancaman. Dominguez melepaskan sepakan jarak jauh, tapi masih bisa diblok barisan pertahanan MU.

Dominguez kembali mencoba peruntungan di menit 63. Belum juga membuahkan hasil, sepakannya dari luar kotak penalti masih melesat jauh.

De Gea dapat menangkap dengan sempurna tendangan keras Fuster di menit 66. Sepakan keras itu berawal dari umpan yang berasal dari sayap kanan.

Sepuluh menit berselang, Campbell melakukan sepakan spekulasi di menit 76. Tak maksimal, bola tendangannya masih menyamping.

Dominguez nyaris saja memasukkan bola ke gawang MU di menit 79. Memanfaatkan bola sodoran Campbell sepakan kerasnya dari sisi kanan kotak penalti MU masih bisa ditepis De Gea.

Empat menit kemudian, Rooney melakukan tendangan spekulasi. Sial arah bolanya masi belum juga tepat sasaran.

Van Persie harus ditarik keluar di menit 88 karena mengalami cedera usai dilanggar oleh Marcano. Moyes pun lantas memasukkan Marouane Fellaini sebagai penggantinya.

Di sisa pertandingan tak ada gol tambahan tercipta, Skor 3-0 untuk kemenangan MU bertahan hingga laga bubar.

Dengan hasil ini, MU pun berhak melaju ke babak perempatfinal sebab menang agregrat 3-2.

Susunan Pemain
MU: De Gea, Da Silva, Jones, Ferdinand, Evra, Welbeck (Fletcher 82), Giggs, Carrick, Valencia (Young 78), Rooney, van Persie (Fellaini 89)

Olympiakos: Roberto, Leandro Salino (Machado 74), Manolas, Marcano, Holebas, Perez (Valdez 57), Ndinga, Dominguez, Maniatis, David Fuster (Vergos (83),

Berita Terkait: