Arsenal 2-1 Liverpool (17/2/2014)

Senin, 17 Februari 2014

Arsenal merebut satu tempat di babak perempatfinal Piala FA setelah mengandaskan perlawanan Liverpool dengan skor akhir 2-1 pada pertandingan di Emirates Stadium, Minggu (17/2/2014).

Di laga selanjutnya, Arsenal akan berhadapan dengan Everton yang di laga babak 16 Besar yang berakhir sebelumnya berhasil menyingkirkan Swansea City dengan skor 3-1.

Alex Oxlade-Chamberlain membawa The Gunners unggul 1-0 saat turun minum berkat golnya di awal babak pertama. Di awal babak kedua, Lukas Podolski menggandakan keunggulan tim tuan rumah.

Satu-satunya gol balasan yang bisa dibuat Liverpool tercipta dari kaki kaptennya Steven Gerrard melalui eksekusi penalti.

Baru dua menit berjalan, Liverpool langsung menghadirkan ancaman ke gawang Arsenal. Menerima umpan dari sayap kanan, sepakan Daniel Sturridge bisa diantisipasi Lukasz Fabianski.

Tiga menit kemudian, ancaman lain dari tim tamu. Umpan cukil Luis Suarez di luar kotak diterima Sturridge. Sudah berhasil mengitari Fabianski, tapi tendangan Sturridge cuma bersarang di samping luar gawang Arsenal.

Setelah beberapa kali serangannya gagal, Arsenal akhirnya sukses menciptakan gol pembuka di menit ke-16. Dari tendangan bebas yang jatuh di kotak penalti, bola rebound dari Yaya Sanogo disambar Oxlade-Chamberlain yang menembus penjagaan Brad Jones.

Liverpool masih terus mencoba menciptakan gol balasan. Di menit ke-33, Sterling sukses melewati Carl Jenkinson namun bola umpannya dari sisi kiri gawang buru-buru dicegat Fabianski.

Jelang turun minum, Suarez meneruskan umpan lambung dengan sebuah sepakan setengah-voli. Akan tetapi, Fabianski masih bisa menghalaunya.

Pasca restart, Suarez melewatkan sebuah peluang emas. Joe Allen mengirim umpan kepada Suarez. Striker Uruguay ini menggiring bola, melewati Laurent Koscielnya tapi eksekusinya kembali digagalkan Fabianski.

Serangan balik cepat nan fatal dari Arsenal. Podolski sukses menggandakan skor menjadi 2-0 setelah menyelesaikan umpan silang mendatar Oxlade-Chamberlain.

Liverpool kembali ke permainan. Menyusul hadiah penalti yang diberikan usai pelanggaran Podolski terhadap Suarez di kotak terlarang.

Gerrard maju sebagai eksekutor dan sukses menyarangkan bola ke sudut bawah gawang Fabianski. Arsenal 2, Liverpool 1 di menit ke-59.

Penyelamatan gemilang Fabianski dengan menggagalkan aksi Sturridge dua menit kemudian. Disusul klaim penalti dari kubu Liverpool menyusul tekel telat Oxlade-Chamberlain pada Suarez namun tapi dianggap bukan pelanggaran oleh wasit.

Peluang terlewatkan dari Arsenal di menit ke-72. Menerima bola hasil sepak pojok, pemain pengganti Santi Cazorla yang ada di tepi kotak tanpa kawalan, gagal mencetak gol usai sepakannya melambung tinggi.

Tiga menit jelang waktu normal pertandingan usai, Liverpool memperoleh sebuah peluang emas. Bola umpan panjang Gerrard dicecar Suarez sebelum bisa dijangkau Fabianski. Namun, sundulan Suarez melenceng tipis.

Tiga menit babak tambahan waktu, namun Liverpool tidak mampu mencetak gol penyama sehingga Arsenal pun berhak atas kemenangan 2-1.

Susunan Pemain
ARSENAL: Fabianski, Jenkinson, Mertesacker, Koscielny, Monreal, Flamini, Arteta, Oxlade-Chamberlain (Gibbs 76), Oezil, Podolski (Cazorla 69), Sanogo (Giroud 87)

LIVERPOOL: Jones, Flanagan, Agger, Skrtel, Cissokho (Henderson 60), Coutinho, Gerrard, Allen, Sterling, Suarez, Sturridge

Berita Terkait: