Sandro Rosell Mundur dari Barcelona

Sabtu, 25 Januari 2014

Kabar pengunduran diri Sandro Rosell dari Barcelona benar adanya. Rosell secara resmi telah meletakkan jabatannya sebagai Presiden Barcelona.

Keputusan itu diumumkan Rosell usai jajaran manajemen Barcelona melakukan pertemuan darurat di Camp Nou, Kamis (23/1/2014) waktu setempat.

"Jajaran direksi adalah sebuah tim. Dan tim ini memimpin proyek yang sudah membawa klub ini ke kesuksesan besar. Saya tidak mau memberi pengaruh negatif pada manajemen atau citra klub. Inilah mengapa saya pikir waktu saya sudah sampai pada akhirnya," ujar Rosell seperti dikutip situs resmi Barcelona.

"Sekarang, sesuai dengan statuta klub, saya mengajukan permohonan pengunduran diri yang tidak bisa ditarik lagi sebagai Presiden Barcelona kepada jajaran direksi."

Seperti diberikatan sebelumnya, Rosell dikabarkan meletakkan jabatannya menyusul penyelidikan yang akan dilakukan terkait transfer Neymar. Rosell dituduh menyalahgunakan dana dengan menyembunyikan nilai transfer Neymar yang sebenarnya di balik kontrak palsu.

Selama ini, Barcelona selalu menyebut jika mereka mendatangkan Neymar dengan nilai transfer sebesar 57 juta euro. Namun belakangan sejumlah laporan menemukan fakta bahwa nilai transfer pemain asal Brasil itu mencapai lebih dari 90 juta euro.

Posisi Rosell akan digantikan oleh wakil presiden klub, Jose Maria Bartomeu. Dia selanjutnya akan menjabat sebagai presiden sampai tahun 2016.

Rosell menjabat sebagai Presiden Barcelona sejak tahun Juli 2010 menggantikan Joan Laporta. Dia terpilih usai memenangi pemilihan dengan mengungguli rival-rivalnya.

Berita Terkait: