AS Roma 1-1 Juventus (26/1/2014)

Minggu, 26 Januari 2014

Juventus kehilangan Gianluigi Buffon sejak babak pertama pada pertandingan melawan Lazio. Meski Buffon dikartu merah, Bianconeri yang tertinggal lebih dulu bisa membawa pulang hasil imbang 1-1.

Bermain di Stadion Olimpico, Minggu (26/1/2014) dinihari WIB, Juve harus bermain dengan 10 pemain dalam waktu yang lama. Pasalnya, Buffon diusir wasit pada paruh pertama karena melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Pelanggaran Buffon juga berbuah penalti untuk Lazio. Penalti ini dieksekusi dengan sangat baik oleh Antonio Candreva.

Dalam kondisi tertinggal dan kalah jumlah pemain, Juve berjuang untuk menyamakan kedudukan. Usaha mereka akhirnya menghasilkan gol Fernando Llorente pada babak kedua. Skor 1-1 tak berubah hingga pertandingan usai.

Dengan hasil ini, Juve masih memuncaki klasemen sementara Serie A dengan koleksi 56 poin dari 21 pertandingan. Mereka unggul sembilan poin atas AS Roma yang menempati posisi kedua. Lazio berada di urutan kesembilan dengan 28 poin.

Jalannya Pertandingan

Arturo Vidal punya kesempatan untuk membawa Juve memimpin pada menit kesembilan. Dia melepaskan tembakan voli dari luar kotak penalti, tapi bola melayang di atas mistar.

Buffon membuat kesalahan yang nyaris membuat gawang Juve bobol lima menit kemudian. Mendapatkan backpass dari Andrea Barzagli, dia gagal melindungi bola secara sempurna dan Miroslav Klose yang mengganggunya bisa menyontek si kulit bundar. Beruntung buat Juve, sontekan Klose masih melebar.

Buffon membuat kesalahan lain pada menit ke-24. Kali ini kesalahannya lebih fatal. Dia menjatuhkan Klose, yang punya peluang mencetak gol, di mulut gawang. Wasit langsung menunjuk titik putih sekaligus mengganjar Buffon dengan kartu merah.

Lazio tak menyia-nyiakan hadiah penalti yang mereka dapatkan. Candreva maju sebagai eksekutor dan dengan cerdik mengelabui kiper pengganti, Marco Storari. Gol Lazio ini tercipta pada menit ke-27.

Setelah kebobolan, Juve berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Mereka masih bisa menekan Lazio meski kalah jumlah pemain.

Pada menit ke-36, tim tamu mendapatkan peluang emas lewat Llorente. Usai menerima umpan dari Carlos Tevez, Llorente membalikkan badan dan melepaskan tembakan jarak dekat. Tapi, tembakannya masih bisa ditangkap kiper Lazio, Etrit Berisha.

Lazio berpeluang menggandakan keunggulannya pada menit ke-58. Tapi, tendangan keras Candreva tak mengarah ke gawang Juve.

Kerja keras Juve untuk menyamakan skor membuahkan hasil dua menit kemudian ketika Llorente mencetak gol. Gol ini diawali aksi Tevez di kotak penalti Lazio. Tevez kemudian memberikan bola kepada Stephan Lichtsteiner, yang melepaskan umpan silang ke mulut gawang. Llorente memanfaatkan kepalanya untuk membelokkan arah bola ke gawang Lazio.

Juve nyaris berbalik memimpin pada menit ke-62. Tevez yang menusuk ke kotak penalti melepaskan tembakan keras, namun Berisha bisa menepis bola.

Lazio tak mau cuma mendapatkan satu angka di kandang sendiri. Mereka mencoba mengejar kemenangan. Tembakan Hernanes pada menit ke-63 melenceng tipis, sedangkan usaha Candreva delapan menit kemudian juga melebar.

Kesempatan emas untuk Lazio datang pada menit ke-76. Klose yang menyambut tendangan bebas Cristian Ledesma menyundul bola dari jarak dekat. Namun, bola bisa dimentahkan Storari, mengenai mistar, kemudian dibuang oleh pemain Juve.

Lazio kembali dijauhi keberuntungan pada menit ke-86. Balde Keita melepaskan tembakan melengkung yang tak bisa dijangkau Storari, tapi bola masih menghantam tiang.

Berselang empat menit, usaha lainnya dilakukan oleh Lucas Biglia. Tapi, tembakan mendatar Biglia bisa diamankan oleh Storari.

Susunan Pemain
Lazio: Berisha; Biava, Cana, Dias; Cavanda (Gonzalez 65'), Ledesma, Biglia, Konko; Candreva (Keita 84'), Hernanes; Klose

Juventus: Buffon; Barzagli, Bonucci, Ogbonna; Lichtsteiner, Vidal, Marchisio, Pogba, Asamoah (Storari 26'); Tevez, Llorente

Berita Terkait: