Real Madrid 4-1 Galatasaray (28/11/2013)

Kamis, 28 November 2013

Tanpa Cristiano Ronaldo dan bermain dengan 10 orang selama lebih dari 60 menit, Real Madrid tetap meraih kemenangan gemilang atas Galatasaray dengan skor 4-1. El Real pun mengantongi tiket ke 16 besar.

Di Santiago Bernabeu, Kamis (28/11/2013) dinihari WIB, Madrid tidak diperkuat Ronaldo yang mengalami cedera. Sementara kartu merah yang keluar dari kontong wasit diberikan pada Sergio Ramos di menit 26.

Kondisi tersebut ternyata sama sekali tak melunturkan ketangguhan tuan rumah. Gol-gol dari Gareth Bale, Arvaro Arbeloa, Angel Di Maria dan Isco memberi skuat besutan Carlo Ancelotti kemenangan mutlak 4-1.

Hasil ini mengukuhkan posisi Madrid di urutan teratas klasemen Grup B dengan poin 13. Madrid pun memastikan lolos ke 16 besar plus mengunci posisi juara grup.

Sementara untuk Galatasaray, kekalahan ini belum menutup peluang mereka lolos ke 16 besar. Duduk di posisi tiga dengan poin empat, Galatasaray akan menjalani laga hidup-mati dengan Juventus di laga pamunkas dua pekan mendatang.

Peluang pertama Madrid datang saat pertandingan baru berjalan empat menit. Dapat umpan terobosan dari Isco, tendangan Bale saat tinggal berhadapan dengan Eray Iscan masih melebar dari sasaran.

Di menit 19 Galatasaray menciptakan peluang pertamanya saat Selcuk Inan dapat ruang di sisi kanan. Meski ada rekannya menunggu di tengah kotak penalti, dia memilih untuk melepaskan tembakan, bola sepakannya melayang tinggi tanpa sama sekali membuat Iker Casillas khawatir.

Kartu merah untuk Sergio Ramos! Madrid harus bermain sejak menit 26 setelah Ramos langsung diacungi kartu merah oleh wasit. Dia melanggar dengan keras Umut Bulut.

Bermain dengan 10 orang, Madrid malah bisa unggul lebih dulu di menit 37. Adalah Gareth Bale yang memecah kebuntuan saat tendangan bebas yang dia lepaskan jauh dari luar kotak penalti gagal diantisipasi kiper Eray.

Namun keunggulan Madrid hanya bertahan satu menit. Skor berubah menjadi 1-1 setelah Umut Bulut menjebol gawang Casillas, gol ini tercipta berkat kerja keras Didier Drogba yang menusuk dari sisi kanan dan melepaskan umpan terukur.

Enam menit babak kedua berjalan, Madrid kembali dalam posisi unggul. Mendapat bola hasil umpan silang Marcello dari sisi lapangan, Arbeloa masih sempat menggiring bola dan melepaskan tembakan voli yang berujung gol kedua.

Gol Di Maria! Gol ketiga Madrid tercipta melalu serangan yang terbangun dengan baik dari sisi kanan. Diawali tusukan Alvaro Arbeloa hingga ke muka kotak penalti, wing back asal Spanyol itu lantas mengirim bola pada Di Maria. Dengan sekali sontekan, Di Maria berhasil menjebol gawang Galatasaray dan mengubah kedudukan jadi 3-1 pada menit 61.

Di menit 71 Galatasaray nyaris membuat gol kedua. Umpan silang Emmanuel Ebou melayang ke tiang jauh dan berhasil ditanduk Felipe Melo menuju Didier Drogba. Striker asal Pantai Gading itu lantas menyundul si kulit bundar ke arah gawang, namun tidak ada gol terjadi karena Casillas membuat penyelamatan gemilang.

Sembilan menit sebelum laga tuntas, Madrid kembali menambah golnya. Gol pamungkas ini diawali tusukan Arbeloa, sementara barisan belakang Galatasaray terpecah karena gerakan yang dibuat Bale. Bola yang kini dikuasai Isco langsung ditebakkan ke arah gawang oleh sang gelandang. Dengan dingin Isco memperdaya pemain belakang Galatasaray dan menceploskan bola ke dalam gawang.

Susunan Pemain
Real Madrid: Casillas, Arbeloa, Sergio Ramos, Pepe, Marcelo (Carvajal 74), Casemiro (Xabi Alonso 58), Illarramendi, Isco, Di Mara, Bale, Jes (Nacho 28)

Galatasaray: Eray; Eboue, Gkhan, Chedjou, Dany; Bruma (Sneijder 64), Seluk, Melo, Amrabat (Riera 67); Umut, Drogba

Berita Terkait: