Inggris 0-1 Jerman (20/11/2013)

Rabu, 20 November 2013

Dalam kurun empat hari, Inggris menelan dua kekalahan di kandang sendiri. Menjamu Jerman di New Wembley, Rabu (20/11/2013) dinihari WIB, The Three Lions menyerah dengan skor tipis 0-1.

Bertajuk laga uji coba, gol tunggal yang menjadi pembeda antara Inggris dan Jerman dibuat Per Mertesacker dengan kepalanya di menit 39.

Ini merupakan kekalahan kedua secara beruntun yang diterima Inggris di kandangnya sendiri. Empat hari lalu di tempat yang sama, Wayne Ronney dkk dipermalukan Chile dengan skor 0-2.

Seperti diungkapkan Joachim Loew sebelum laga, Jerman tampil tanpa beberapa pilar utamanya dalam laga tersebut. Selain Philipp Lahm, Die Mannschaft juga tampil tanpa kiper utama Manuel Neuer dan gelandang Bastian Schweinsteiger.

Inggris mengawali pertandingan dengan menyakinkan dan berhasil mendominasi permainan di menit-menit awal laga. Namun skuat besutan Roy Hodgson tak mampu menciptakan peluang matang, apalagi sampai menjebol gawang Jerman yang dikawal kiper debutan Roman Weidenfeller.

Gawang tuan rumah malah terancam lebih dulu pada menit 38 saat tandukan Mertesacker meneruskan umpan tendangan sudut memaksa Joe Hart melakukan penyelamatan gemilang. Namun semenit kemudian, Joe Hart dibuat tak berdaya oleh bek yang kini memperkuat Arsenal itu.

Menyongsong umpan cungkil yang dilepaskan Toni Kroos, tandukan bertenaga Mertesacker mengarah ke pojok gawang tanpa mampu dihalau Hart.

Dua menit sebelum turun minum Inggris nyaris menyamakan kedudukan. Tendangan Steven Gerrard dari jarak lebih dari 30 meter melenceng tipis dari sasaran.

Memasuki menit 50 gawang Inggris kembali nyaris kebobolan. Namun Hart kembali tampil gemilang di bawang mistar gawangnya, dia menghalau upaya Marco Reus setelah dia dapat umpan dari Mario Goetze, yang lebih dulu memperdaya Cleverley.

Kembali Hart menghindarkan gawang Inggris dari kebobolan. Kali ini kiper Manchester City itu memblok tendangan keras Goetze. Nyaris skor berubah jadi 2-0.

Pemain pengganti Sidney Sam juga ikut menebar ancaman ke gawang Inggris pada menit 68. Berhasil mendapat bola di belakang para pemain bertahan Inggris, upayanya memperdaya Hart dengan mencungkil si kulit bundar gagal berujung gol. Bola melayang tipis di atas mistar gawang.

Susunan Pemain
Inggris: Joe Hart, Kyle Walker, Ashley Cole ('52 Kieran Gibbs), Chris Smalling, Phil Jagielka, Steven Gerrard ('56 Jordan Henderson), Adam Lallana ('76 Rickie Lambert), Tom Cleverley ('64 Jack Wilshere),Andros Townsend, Daniel Sturridge, Wayne Rooney ('71 Ross Barkley)

Jerman: Roman Weidenfeller, Marcel Schmelzer ('46 Marcell Jansen), Per Mertesacker, Jerome Boateng ('46 Mats Julian Hummels) ('66 Benedikt Hwedes), Heiko Westermann ('66 Julian Draxler), Sven Bender, Max Kruse ('56 Sidney Sam), Lars Bender, Toni Kroos, Marco Reus ('82 Andre Schrrle), Mario Goetze

Berita Terkait: