Cardiff City 2-2 Manchester United (24/11/2013)

Senin, 25 November 2013

Manchester United gagal masuk empat besar setelah bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Cardiff City. Sempat unggul 2-1, gawang 'Setan Merah' kebobolan di menit-menit akhir.

Berkat hasil ini, United hanya berada di posisi keenam, gagal menggeser posisi Manchester City yang beberapa jam sebelumnya menang 6-0 atas Tottenham Hotspur. Tim besutan David Moyes itu kini mengoleksi 21 poin, tertinggal satu angka di belakang City dan Southampton, serta tujuh angka di belakang si pemuncak klasemen, Arsenal.

Sementara Cardiff, yang tampil determinan dan relatif dominan sepanjang laga, tetap berada di urutan ke-15 dengan koleksi nilai 13.

Di Cardiff City Stadium, Minggu (24/11/2013) malam WIB, Cardiff City mendominasi penguasaan bila di sepuluh menit pertama pertandingan. Mereka pun sudah mendapatkan percobaan untuk mencetak gol ketika laga memasuki menit keenam.

Berawal dari sebuah tendangan bebas di sisi kiri pertahanan United, bola disundul oleh Jordon Mutch. Namun, bola mengarah tepat ke tangkapan David De Gea.

Wayne Rooney kemudian mendapatkan kartu kuning pertama dalam pertandingan ini. Dia tampak menyepak bagian belakang kaki Mutch, sampai keduanya terjatuh. Peringatan untuk bomber Inggris itu pun diberikan oleh wasit.

Rooney jugalah yang kemudian mencetak gol pertama di pertandingan ini. Gol tersebut diawali oleh kesalahan passing Steven Caulker, yang kemudian direbut oleh Antonio Valencia.

Valencia kemudian mengirimkan umpan silang ke daerah kotak penalti Cardiff dan Javier Hernandez membelokkan bola ke arah Rooney. Setelah mengecoh satu pemain belakang, Rooney kemudian melepaskan tendangan kaki kanan. Bola sempat membentur kaki Gary Medel dan masuk ke dalam gawang Cardiff. United unggul 1-0 di menit ke-15.

Cardiff mencoba membalas. Pada menit ke-22, berawal dari bola yang direbut dari kaki Adnan Januzaj, serangan dibangun. Bola diumpankan kepada Peter Odemwingie yang berdiri di sisi kanan pertahanan United. Namun, tendangan Odemwingie dari dalam kotak penalti masih melambung.

Pada menit ke-33, Cardiff akhirnya menyamakan kedudukan. Berawal dari terobosan Mutch, Fraizer Campbell berlari mengindari penjagaan Jonny Evans. Pada kesempatan pertama, eks pemain United itu pun melepaskan sepakan kaki kanan. Gawang De Gea bobol, 1-1.

Menjelang babak pertama berakhir, tepatnya pada menit ke-44, Patrice Evra membawa tim tamu unggul 2-1. Gol tersebut berawal dari sebuah sepak pojok di sisi kanan pertahanan Cardiff dan disambut dengan sundulan bek asal Prancis tersebut.

Di awal babak kedua, tepatnya pada menit ke-51, Marouane Fellaini mendapatkan peluang. Berawal dari tendangan bebas yang dieksekusi Rooney, gelandang asal Belgia itu melepaskan sundulan. Namun, usaha Fellaini tersebut masih bisa ditepis oleh kiper Cardiff, David Marshall.

Pada menit ke-53, kesalahan backpass Tom Cleverley nyaris membuat gawang United bobol. Bola direbut oleh Campbell dan pemain bernomor 10 itu melepaskan tendangan lambung. Beruntung buat United, gawang mereka selamat setelah tendangan Mutch itu hanya membentur tiang gawang.

Kendati mendominasi, Cardiff kesulitan untuk menciptakan kans. Baru pada menit ke-79, mereka mendapatkan peluang lewat sundulan Ben Turner. Namun, bola hasil sundulannya masih melambung.

Semenit berselang, giliran United yang mendapatkan peluang. Kerjasama antara Rooney dan Welbeck diakhiri oleh tendangan kaki kanan Welbeck dari dalam kotak penalti. Sial bagi Welbeck, tendangannya masih melambung.

Cardiff yang terus menekan akhirnya menyamakan kedudukan ketika laga memasuki menit ke-90. Berawal sebuah tendangan bebas di sisi kanan pertahanan United, bola disundul oleh pemain pengganti, Kim Bo-Kyung. Bola pun masuk ke dalam gawang tanpa bisa dihalau De Gea. 2-2.

Susunan Pemain
Cardiff City: Marshall, Taylor, Caulker, Turner, Theophile, Whittingham, Medel, Mutch (Kim 76), Cowie, Campbell (Cornelius 82), Odemwingie (Noone 65).

Manchester United: De Gea, Smalling, Ferdinand, Evans, Evra, Fellaini, Cleverley, Valencia, Januzaj (Welbeck 67), Rooney, Hernandez (Giggs 72).

Berita Terkait: