Titel Juara ke-4 Untuk Sebastian Vettel & Red Bull

Minggu, 27 Oktober 2013

Di GP India, Sebastian Vettel untuk keempat kalinya menjadi juara dunia. Tak hanya Vettel, Red Bull Racing pun berhasil mengunci gelar juara dunia konstruktor.

Pada balapan di Buddh International Circuit, Minggu (27/10/2013) sore WIB, Vettel berhasil finis di posisi pertama dengan selisih sangat jauh dari Nico Rosberg di posisi kedua dan Romain Grosjean di posisi ketiga.

Dibantu kegagalan Fernando Alonso meraih poin di balapan ini, Vettel untuk empat musim beruntun berhak mengakhiri rangkaian 20 seri balapan dengan status juara dunia.

Poin Vettel kini 322, unggul 115 angka dari Alonso di posisi kedua klasemen pebalap dengan 207 poin. Dengan balapan tersisa tiga seri yakni di Abu Dhabi, AS dan Brasil, Alonso tak bisa lagi mengejar Vettel.

Tak cuma Vettel, 'Banteng Merah' juga sukses merengkuh titel juara dunia konstruktor juga untuk keempat kalinya secara beruntun. Poin Red Bull adalah 470 dan tak lagi bisa dikejar Ferrari (309), Mercedes GP (303), dan Lotus (285).

Vettel langsung melesat di posisi pertama, menghindari kejaran duo Mercedes, Hamilton dan Rosberg. Sementara Alonso dan Raikkonen saling bersinggungan di tikungan pertama.

Di tikungan kedua Felipe Massa melakukan overtaking yang bagus melewati Hamilton dan Rosberg untuk menempati posisi kedua. Vettel sudah unggul 2,8 detik di lap kedua.

Tapi kemudian Vettel masuk pit dan mengganti bannya di lap ke-tiga, lalu Alonso juga masuk ke pit untuk mengganti sayap depan mobilnya yang rusak akibat tabrakan dengan Jenson Button di turn 2 lap pertama. Massa memimpin balapan sedari lap ini disusul duo Mercedes.

Setelah sempat terlempar di luar 10 besar, Vettel perlahan mampu menyusul satu per satu pebalap di depannya. Di lap 10 ia sudah berada di posisi keempat.

Lima lap setelahnya Vettel sudah berada di posisi ketiga mengejar Sergio Perez yang berada di depannya. Mark Webber sedang memimpin balapan dan di mana Alonso? Pebalap Ferrari masih kesulitan sepanjang balapan ini dan ada di urutan ke-14.

Jika Alonso tidak bisa finis minimal di podium kedua maka Vettel dipastikan menjadi juara dunia di akhir balapan ini.

Di lap ke-21 akhirnya Vettel mampu menyalip Perez untuk berada di posisi kedua dan berada tepat di belakang Webber.

Di lap ke-30 Vettel kembali memimpin balapan setelah terakhir kali di lap pertama. Ia unggul sekitar 10 detik lebih dari Webber di posisi kedua.

Vettel masih memimpin balapan di lap ke-40 dengan selisih 25 detik di depan Raikkonen, yang naik ke posisi kedua usai Webber harus menuntaskan balapan lebih cepat karena masalah pada mobilnya.

Di enam lap terakhir, Vettel masih ada di posisi terdepan diikuti Rosberg, Raikkonen, Grosjean, dan Massa. Sementara misi Alonso untuk menahan pesta juara Vettel dipastikan musnah karena ia masih berkutat di posisi ke-12.

Di lap ke-56 Grosjean berhasil memaksa Raikkonen melebar untuk mengambil alih posisi ketiga yang ditempati rekan setimnya itu.

Hingga akhirnya Vettel pun mengunci gelar juara dunia F1 musim ini setelah finis di posisi pertama. Di belakangnya ada Rosberg dan Grosjean.

Berita Terkait: