Juventus 4-0 Catania (31/10/2013)

Kamis, 31 Oktober 2013

Juventus berhasil memaksimalkan laga kandang melawan Catania untuk meraih tiga angka. La Vecchia Signora menang dengan skor telak 4-0. Empat gol mereka dicetak empat pemain berbeda.

Menjamu Catania di Juventus Stadium, Kamis (31/10/2013) dinihari WIB, Juve unggul dua gol ketika turun minum. Arturo Vidal dan Andrea Pirlo sukses mencatatkan namanya di papan skor.

Pada babak kedua, tim tuan rumah mencetak dua gol tambahan. Kali ini, yang bikin gol adalah Carlos Tevez dan Leonardo Bonucci.

Hasil ini tak mengubah posisi Juve di urutan ketiga klasemen sementara Seri A. Mereka mengumpulkan 25 poin dari 10 pertandingan, terpaut dua poin dari AS Roma yang ada di puncak. Catania terpuruk di posisi ke-18 dengan enam poin.

Pertandingan baru berjalan satu setengah menit, Juve sudah mendapatkan peluang. Kombinasi Fernando Llorente dan Tevez diakhiri dengan tembakan Tevez dari luar kotak penalti. Tapi, bola masih melayang di atas mistar.

Peluang kedua Juve lahir pada menit kelima. Vidal melepaskan tembakan mendatar, tapi masih melenceng jauh dari gawang.

Tevez mendapatkan peluang lagi saat laga berusia sembilan menit. Dia berlari ke kotak penalti untuk mengejar umpan panjang dari lini tengah. Namun, sontekan Tevez mengarah tepat ke kiper Mariano Andujar.

Serangan balik Catania pada menit ke-15 mengancam gawang Juve. Beruntung buat tim tuan rumah, tembakan Gonzalo Bergessio masih melebar setelah mengenai pemain Juve.

Empat menit kemudian, Paolo De Ceglie mengirim umpan matang ke mulut gawang. Llorente berada di posisi yang pas untuk menyambut bola, tapi sundulannya masih melenceng.

Juve memecahkan kebuntuan saat laga memasuki menit ke-26. Usai menerima operan dari Tevez, Vidal melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola berubah arah setelah mengenai kaki Tiberio Guarente dan menggetarkan gawang Catania.

Hanya berselang delapan menit, Juve menggandakan keunggulannya. Berawal dari pelanggaran terhadap Tevez di luar kotak penalti Catania, Juve mendapatkan tendangan bebas. Pirlo yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan ini. Tembakannya melewati pagar betis lawan sebelum menembus gawang.

Tevez tak mampu memaksimalkan peluang yang dia peroleh pada menit ke-41. Tinggal berhadapan dengan Andujar, tembakannya mengarah tepat ke si kiper.

Setelah turun minum, Catania menekan Juve. Serangan balik mereka menghasilkan peluang bagus pada menit ke-50, tapi tembakan Bergessio bisa diantisipasi kiper Gianluigi Buffon.

Juve nyaris mencetak gol ketiganya pada menit ke-59. Claudio Marchisio melakukan penetrasi ke kotak penalti kemudian melepaskan tembakan keras, tapi tembakannya hanya menghantam tiang.

Kesalahan Bonucci hampir saja membuat Juve kebobolan. Bonucci terpeleset ketika menguasai bola dan si kulit bundar direbut Sergio Almiron. Almiron kemudian menggiring bola ke kotak penalti dan langsung menghadapi Buffon. Beruntung buat Juve, masih ada Giorgio Chiellini yang menghalau tembakan Almiron.

Memasuki menit ke-66, skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Juve. Tevez yang mendapatkan bola dari Llorente mampu mengelabui Andujar dan dengan mudah menceploskan bola ke gawang kosong.

Juve mencetak gol lagi lima menit kemudian. Sebastian Giovinco melakukan penetrasi di sisi kiri dan memberikan umpan matang kepada Bonucci yang ikut membantu serangan. Bonucci menyambutnya dengan tendangan mendatar yang menggetarkan gawang Catania.

Giovinco berpeluang mencetak gol sendiri pada menit ke-83. Namun, tembakannya dari depan kotak penalti mengarah tepat ke pelukan Andujar.

Pada menit berikutnya, Catania kehilangan seorang pemainnya. Guarente diusir keluar lapangan setelah menerima kartu kuning kedua gara-gara menekel Marchisio.

Dewi fortuna kembali tak memihak Giovinco pada menit ke-88. Tembakan kerasnya mengarah ke gawang, tapi Andujar bisa mementahkannya sambil menjatuhkan diri. Dua menit kemudian, sepakan Giovinco lagi-lagi dibendung Andujar.

Hingga peluit panjang berbunyi, skor 4-0 untuk kemenangan Juve tak berubah.

Susunan Pemain
Juventus: Buffon; Caceres, Bonucci, Chiellini; Isla, Vidal (Pogba 61'), Pirlo, Marchisio, De Ceglie; Tevez (Giovinco 67'), Llorente (Motta 74')

Catania: Andujar; Rolin (Capuano 67'), Legrottaglie, Gyomber; Alvarez, Guarente, Almiron, Keko, Biraghi (Castro 46'); Petkovic (Lopez 65'), Bergessio

Berita Terkait: