WBA 1-1 Arsenal (Pen 3-4) (26/9/2013)

Kamis, 26 September 2013

Arsenal berhasil melaju ke babak keempat Piala Liga Inggris. Kepastian itu didapat setelah The Gunners memetik kemenangan 4-3 di babak adu tendangan penalti saat melawan West Bromwich Albion.

Arsenal bermain 1-1 hingga babak tambahan waktu selesai saat dijamu oleh The Baggies di The Hawthorns, Kamis (26/9/2013) dinihari WIB.

Tim 'Gudang Peluru' unggul lebih dulu berkat gol dari Thomas Eisfeld di menit 61. Sepuluh menit kemudian West Brom menyamakan kedudukan lewat kaki Saido Berahino.

Saat babak tos-tosan, satu penendang Arsenal Serge Gnabry gagal melaksanakan tugasnya. Semenara di kubu West Brom, Craig Dawson dan Morgan Amalfitano, sepakannya melenceng.

Arsenal pun menang adu tendangan penalti dengan skor 4-3. Mereka pun bakal berhadapan dengan Chelsea di babak keempat.

Peluang pertama dalam laga ini tercipta saat pertandingan memasuki menit ke-23. Graham Dorrans melakukan sepakan ke arah gawang Arsenal tapi masih melebar.

Dua menit berikutnya Dorrans kembali memberikan ancaman. Tapi, bek-bek Arsenal masih sigap memblok tendangan pemain nomor punggung 12 itu.

Goran Popov juga tak mau ketinggalan untuk mencoba menjebol gawang yang dikawal oleh Lukasz Fabianski. Sial, sepakan kaki kirinya di menit 28 masih melebar.

Terus-terusan ditekan, Arsenal juga balik mengancam. Di menit 38, Serge Gnabry melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang masih menyamping.

Dua menit kemudian Nacho Monreal melakukan sepakan kaki kanan yang masih bisa diblok oleh barisan belakang West Brom. Tak ada gol tercipya di babak pertama. Skor kaca mata bertahan saat turun minum.

Arsenal akhirnya bisa memecah kebuntuan di menit 62. Nicklas Bendtner mengirim umpan terobosan terukur untuk Thomas Eisfeld yang mampu mengarahkan bola ke sebelah kiri gawang West Brom.

Luke Daniels gagal menghalau bola sepakan Eisfeld, Arsenal pun unggul 1-0.

West Brom mampu menyamakan kedudukan 10 menit kemudian. Gol itu tercatat atas nama Saido Berahino.

Gol balasan itu berawal dari kemelut di muka gawang Arsenal akibat sepak pojok. Shane Long mampu mengirim umpan silang terukur yang bisa disundul oleh Berahino.

Sebelas menit kemudian Berahino kembali mengancam. Tak maksimal sepakannya masih melesat di atas mistar. Di sisa waktu normal tak ada lagi gol tambahan, laga pun harus dilanjutkan hingga babak tambahan.

Ryo Miyaichi mendapatkan kans saat babak tambahan berjalan empat menit. Tapi, upayanya dengan kaki kanan itu masih bisa diantisipasi oleh Daniels.

Tembakan langsung Chuba Akpom di akhir 15 menit pertama tambahan waktu masih melebar di sisi kanan gawang West Brom.

Markus Rosenberg melakukan tendangan voli dari dalam kotak penalti Arsenal di menit 109. Belum berhasil, sepakannya bisa ditepis oleh Fabianski.

Hector Bellerin juga tak mau ketinggalan untuk mencoba gawang West Brom. Belum beruntung, sepakan jarak jauhnya masih bisa ditangkap dengan sempurna oleh Daniels.

Morgan Amalfitano hampir membawa West Brom unggul di menit 115. Sial, mistar gawang masih menjadi penyelamat Arsenal.

Semenit kemudian Rosenberg gagal memanfaatkan peluang emas. Sudah bisa melewati Fabianski, bola sepakannya masih bisa diblok oleh bek-bek Arsenal. Tak ada gol di babak tambahan, laga lanjut ke adi penalti.

Adu Penalti

West Brom:
Steven Reid - gol
Markus Rosenberg - gol
James Morrison - gol
Craig Dawson - gagal
Morgan Amalfitano - gagal

Arsenal
Nicklas Bendtner - gol
Serge Gnabry - gagal
Kris Olsson - gol
Chuba Akpom - gol
Nacho Monreal - gol

Susunan Pemain
West Brom: Daniels, Reid, Popov, Lugano, Dawson, Sinclair, Dorrans, Mulumbu (Morrison 91), Sessegnon, Long (Rosenberg 91), Berahino (Amalfitano 101)

Arsenal: Fabianski, Mertesacker, Vermaelen, Monreal, Jenkinson, Arteta (Bellerin 95), Miyaichi, Gnabry, Hayden (Olsson 84), Bendtner, Eisfeld (Akpom 82)

Berita Terkait: