Pertama dalam Lima Tahun, Barcelona Kalah Ball Possession

Kamis, 25 Juli 2013

Untuk kali pertama dalam lima tahun terakhir Barcelona kalah dalam statistik penguasaan bola di atas lapangan. Itu terjadi saat The Catalans ditundukkan Bayern Munich dalam ujicoba pramusim.

Di Allianz Arena, Kamis (25/7/2013) dinihari WIB Barcelona menelan kekalahan atas Bayern dengan skor 0-2. Barca yang tak menurunkan kekuatan terbaiknya tunduk lewat gol yang dilesakkan Phillip Lahm dan Mario Mandzukic.

Usai pertandingan, statistik laga menunjukkan kalau Barcelona kalah dalam penguasaan bola dengan komposisi 55% : 45%. Sementara situs resmi klub asal Katalan itu menyebut kalau ball possession sepanjang pertandingan adalah 53% : 47%, masih untuk The Bavarian.

Meski cuma berstatus laga ujicoba pramusim, pertandingan tersebut tercatat sebagai yang pertama dalam lima tahun terakhir di mana Barcelona kalah dalam penguasaan bola.

Dikutip dari AS, kali terakhir Barcelona kalah dalam penguasaan bola untuk pertandingan resmi adalah di tahun 2008, tepatnya pada 7 Mei. Ketika itu di Santiago Bernabeu, Barcelona, yang masih dilatih Frank Rijkaard, tuduk 1-4 atas Real Madrid. Penguasaan bola Madrid saat itu adalah 50,3%, berbanding 49,7% yang dimiliki Barca.

Setelah laga tersebut, Barca tak pernah lagi kalah dalam penguasaan bola atas lawan-lawannya. Total, hingga sebelum laga dinihari tadi, Barca melewati 309 pertandingan resmi dalam posisi unggul ball possession.

Termasuk dalam rangkaian tersebut adalah 247 pertandingan saat masih dibesut Josep Guardiola. Uniknya, laga dinihari tadi adalah untuk kali pertama sepanjang karier Guardiola sebagai pelatih serta pemain dia harus berhadapan dengan Barcelona. Barca sendiri dalam laga tersebut dipimpin oleh asisten pelatih Jordi Roura, menyusul keputusan mundur yang diuat Tito Vilanova.

Berita Terkait: