Borussia Dortmund Juara Piala Super Jerman 2013

Minggu, 28 Juli 2013

Borussia Dortmund mengalahkan Bayern Munich di Piala Super Jerman, yang juga menandai akan bergulirnya Bundesliga. Enam gol tercipta, lima di antaranya di babak kedua, dengan skor akhir 4-2 untuk kemenangan Dortmund atas Bayern.

Berhadapan di Signal Iduna Park, Minggu (27/7/2013) dinihari WIB, Dortmund yang menjadi runner-up Bundesliga lalu berhasil memimpin ketika laga baru berjalan enam menit lewat gol Marco Reus.

Gawang Bayern, yang musim lalu menyabet treble, kembali jebol dua menit berselang. Tetapi para pemain Pep Guardiola bisa menghembuskan nafas lega karena gol dari Robert Lewandowski itu dianulir setelah si penyerang Dortmund dinilai offside.

Setelah babak pertama tak menghadirkan gol tambahan, gol berikutnya lahir di menit ke-54. Philipp Lahm mengirim umpan silang yang dapat dimaksimalkan oleh Arjen Robben. Skor 1-1.

Kedudukan imbang membuat laga semakin seru. Baru dua menit, skor pun berubah lagi. Kali ini bola membentur Daniel Van Buyten dan masuk ke gawangnya sendiri untuk membuat Dortmund unggul lagi.

Ilkay Guendogan kemudian menambah keunggulan Dortmund menjadi 3-1 di menit ke-57. Lolos dari kawalan lawan, Guendogan menyepak keras-keras bola yang lalu bersarang di dalam gawang Bayern.

Robben kembali mencatatkan namanya di papan skor sekaligus menipiskan ketinggalan Bayern lewat golnya di menit ke-64. Lahm kembali menjadi kreator gol dari Robben tersebut.

Tiga menit sebelum waktu normal habis, Dortmund akhirnya memantapkan kemenangan. Lewat serangan balik, kombinasi Lewandowski, Guendogan, Pierre-Emerick Aubameyang, dan akhirnya Reus berbuah gol yang bikin skor akhir jadi 4-2.

Susunan Pemain

BORUSSIA DORTMUND: Weidenfeller; Grosskreutz, Subotic, Hummels, Schmelzer, Bender (Kehl 46'), Sahin, Kuba (Aubameyang 72'), Guendogan (Papastathopoulos 88'), Reus, Lewandowski

BAYERN MUNICH: Starke; Lahm, Boateng, van Buyten, Alaba, Thiago, Shaqiri (Schweinsteiger 67'), Kroos (Dante 86'), Muller, Robben, Mandzukic (Pizarro 75')

Berita Terkait: