Spanyol Juara Piala Eropa U-21 2013

Minggu, 23 Juni 2013

Spanyol makin mengukuhkan dominasi mereka di pentas sepakbola dunia. Setelah di tingkat senior Timnas Spanyol berhasil menyapu bersih gelar bergengsi dalam 5 tahun terakhir, mulai dari Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012, kini tingkat junior mereka juga berhasil mengukuhkan diri menjadi yang terbaik.

Adalah Timnas U-21 Spanyol yang kali ini mengukir prestasi emas, dengan menjadi juara Piala Eropa U-21 tahun 2013. Di partai puncak yang digelar di Teddi Malcha Stadium, Yerussalam, Rabu (19/6/2013), Spanyol berhasil melibas Timnas U-21 Italia dengan skor 4-2.

Di laga final ini, Italia gagal membendung agresivitas Spanyol. Bahkan penampilan Gli Azzurrini terbilang monoton dan cenderung bertahan. Gawang Francesco Bardi pun kerap mendapat ancaman dari para penyerang Spanyol.

Laga baru berjalan enam menit, Spanyol sudah berhasil membuka skor melalui sundulan gelandang Barcelona, Thiago Alcantara, memanfaatkan umpan silang Alvaro Morata. Namun gol itu berhasil dibalas dengan cepat oleh Italia melalui Ciro Immobile.

Selepas gol balasan Italia, Spanyol semakin beringas dan kian mendominasi. Penampilan impresif Thiago pun tak mampu dibendung para pemain bertahan Gli Azzurrini.

Pada menit ke-31, Thiago mencatat gol kedua, kali ini menyambut umpan lambung Koke. Bahkan, tujuh menit berselang gelandang Barcelona itu berhasil mencatat hattrick melalui eksekusi penalti. Spanyol pu mengunci paruh pertama dengan keunggulan 3-1.

Dominasi Spanyol tetap tak mengendur pada paruh kedua. Lagi-lagi, sebuah pelanggaran di dalam kotak penalti memberi tambahan petaka bagi Italia. Kali ini giliran Isco yang sukses mengkonversi penalti pada menit ke-66.

Keunggulan 4-1 membuat Spanyol sedikit lengah. Fabio Borini pun sempat memperkecil ketinggalan pada menit ke-80. Namun, gol itu ternyata sekaligus mengakhiri pertandingan. Spanyol mempertahankan gelar juara yang juga diraih pada 2011 silam.

Dengan tambahan trofi ini, Spanyol kini mengoleksi empat gelar juara, mendekati Italia yang masih memimpin dengan lima gelar. Pesta juara Spanyol semakin sempurna dengan keberhasilan Morata menjadi top skorer dengan koleksi 4 gol.

Berita Terkait: