Spanyol 3-0 Nigeria (24/6/2013)

Senin, 24 Juni 2013

Spanyol meraih hasil sempurna di fase Grup B Piala Konfederasi setelah menundukkan Nigeria 3-0. Lolos sebagai juara grup, La Furia Roja akan berhadapan dengan Italia di babak semifinal.

Dalam perandingan yang dilangsungkan di Estadio Castelao, Fortaleza, Senin (24/6/2013), Spanyol dapat perlawanan cukup sengit dari Nigeria. Skuat besutan Vicente Del Bosque membuka keunggulan lewat gol cepat yang dibuat Jordi Alba pada menit tiga.

Spanyol kemudian punya banyak peluang menciptakan gol tambahan, namun di sisi lain Nigeria juga berulang kali menebar ancaman yang membahayakan gawang Victor Valdes. Spanyol akhirnya baru bisa menambah keunggulan di menit 62 melalui Fernando Torres yang barus saja masuk lapangan. Sementara gol pamungkas datang kembali dari Jordi Alba.

Kemenangan ini menempatkan Spanyol sebagai juara Grup B, mengumpulkan nilai sempurna sembilan dari tiga pertandingan. Lolos ke semifinal, Xavi Hernandez dkk akan berhadapan dengan Italia, sang runner up Grup A.

Laga baru berjalan empat menit Spanyol sudah mencetak gol pembuka. Membangun kerjasama yang rapi dan cepat dari lini belakang, bola sampai ke kaki Alba yang menusuk di sisi kanan. Berhasil meliuk-liuk melewati beberapa pemain bertahan Nigeria, dia melepaskan tendangan ke sisi kiri yang tak bisa dijangkau kiper.

Empat menit kemudian Cesc Fabregas nyaris menggandakan keunggulan timnya, namun setelah melakukan kerjasama satu-dua dengan Xavi upayanya diblok Kenneth Omeruo.

Nigeria menciptakan peluang pertamanya di menit 11 saat tendangan John Obi Mikel masih melayang tipis di atas mistar gawang. Tak lama berselang tendangan keras Mba bisa ditepis ke luar lapangan oleh Valdes. Nigeria memberikan perlawanan.

Spanyol kemudian punya dua peluang menambah gol melalui aksi Soldado. Namun dua kali tinggal berhadapan dengan kiper, dua kali pula dia gagal menceploskan bola.

Fabregas! Oh sepakan pesepakbola Barcelona itu saat tinggal berhadapan dengan kiper pada menit 36 masih dimentahkan tiang gawang. Bola gagal di-rebound karena arah pantulnya tepat ke pelukan kiper. Babak pertama berakhir dengan 1-0 untuk Spanyol.

Babak kedua berjalan empat menit Nigeria punya peluang matang menyamakan kedudukan. MusaabAhmed melepaskan crossing terukur yang tak sampai digapai Valdes, namun Ideye Brown yang dapat umpan tersebut itu gagal menuntaskannya menjadi gol.

Memasuki menit 60 pergantian pemain terjadi di kubu Spanyol. Soldado ditarik dan digantikan Torres. Cuma sesaat berada di atas lapangan, Torres langsung mencatatkan namanya di papan skor. Menyongsong umpan diagonal yang dilepaskan Pedro Rodrigues, tandukan El Nino dari jarak dekat mengubah kedudukan jadi 2-0.

Silva nyaris ikut menjebol gawang Nigeria di menit 64 saat tendangan voli yang dia lepaskan usai dapat umpan dari Andres Iniesta masih gagal melewati hadangan kiper.

Nigeria kembali membuang percuma sebuah peluang matang bikin gol di menit 73. Tinggal berhadapan dengan Valdes dari sebuah skenario serangan balik cepat, Gambo Mohammed memilih mencungkil si kulit bundar. Bola memang melewati Valdes, tapi arahnya melebar ke luar lapangan.

Empat menit sebelum pertandingan tuntas Alba menyudahi pesta Spanyol dengan gol yang kembali dibuatnya. Dia dengan dingin memperdaya kiper Nigeria saat berhadapan satu lawan satu, sontekannya ke gawang yang sudah kosong pun memastikan Spanyol menang dengan 3-0.

Susunan Pemain
Nigeria: Vincent Enyeama, Godfrey Oboabona, Elderson, Efe Ambrose, Kenneth Omeruo ('11 Azubuike Egwuekwe), John Mikel Obi, Fegor Ogude, Sunday Mbah ('63 John Ogu), Ahmed Musaab, Ideye Brown, Joseph Akpala ('71 Gambo Mohammed)

Spanyol: Victor Valdes, Gerard Pique, Sergio Ramos, Alvaro Arbeloa, Jordi Alba, Andres Iniesta, Xavi, Sergio Busquets, Cesc Fabregas ('54 David Silva), Pedro ('75 David Villa), Roberto Soldado ('60 Fernando Torres)

Berita Terkait: