Spanyol 2-1 Uruguay (17/6/2013)

Senin, 17 Juni 2013

Spanyol mengawali langkahnya di Piala Konfederasi dengan meraih kemenangan. Menghadapi Uruguay di Arena Pernambuco, Recife, Senin (17/6/2013) pagi WIB, La Furia Roja unggul dengan skor tipis 2-1.

Tampil mendominasi sejak awal pertandingan, Spanyol menyelesaikan babak pertama dengan keunggulan 2-0. Dua gol skuat besutan Vicente del Bosque dilesakkan oleh Pedro Rodriguez di menit 20 dan Roberto Soldado 12 menit beselang.

Spanyol kemudian melakukan beberapa pergantian di babak kedua. Sementara Uruguay yang tidak menyerah membangun serangan akhirnya bisa memperkecil kedudukan melalui gol yang dibuat Luis Suarez pada menit 88. Skor 2-1 untuk kemenangan Spanyol bertahan hingga laga selesai.

Hasil ini membuat Spanyol memuncaki klasemen Grup B dengan poin enam, sementara Uruguay berada di posisi terbawah. Dua tim lain di grup ini, Tahiti dan Nigeria, baru akan bertanding malam nanti waktu setempat.

Seperti sudah menjadi pola baku mereka, Spanyol bermain dengan penguasaan bola sejak peluit pertama dibunyikan wasit. Peluang awal yang berhasil diciptakan adalah di menit tiga, saat umpan yang dilepaskan Alba gagal dijangkau Soldado.

Dominasi La Furia Roja nyaris berujung gol di menit delapan, saat tendangan yang dilepaskan Cesc Fabregas berhasil memperdaya Fernando Muslera. Namun tidak ada gol tercipta dari proses tersebut karena bola cuma membentur tiang gawang. Enam menit berselang gantian Andres Iniesta yang mencoba peruntungannya, kali ini tendangannya dari luar kotak penalti masih bisa diredam Musrela.

Gol! Spanyol akhirnya benar-benar membuka keunggulan di menit 18. Tendangan voli yang dilepaskan Pedro Rodriguez masuk ke gawang setelah lebih dulu membentur kaki Diego Lugano. Spanyol unggul 1-0.

Uruguay menciptakan peluang pertamanya di menit 27. Namun serangan yang dibangun melalui tendangan bebas Luis Suarez dan berlanjut dengan tandukan Edinson Cavani tak membuahkan hasil. Bola terlalu mudah untuk ditangkap Iker Casillas.

Dua menit kemudian Spanyol malah berhasil menggandakan keunggulannya. Dapat umpan terukur dari Fabregas, Soldado melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang merobek gawang Uruguay untuk kali kedua. Skor berubah jadi 2-0.

Sebelum turun minum Spanyol punya peluang menambah keunggulannya. Tendangan sudut Xavi Hernandez dibelokkan ke arah gawang oleh Gerard Pique, namun kali ini Musrela bereaksi cepat mengamankan gawangnya.

Dominasi Spanyol tak berkurang saat babak kedua dimulai. Sepuluh menit setelah restart, Fabregas melepaskan tendangan yang masih bisa diredam Musrela. Sembilan menit kemudian upaya Pedro juga tak membuahkan hasil, mencoba merebound bola di dalam kotak penalti arah sepakannya masih melebar dari sasaran.

Spanyol kemudian melakukan beberapa perubana dalam susunan pemainnya. Xavi, Pedro dan Fabregas ditarik untuk digantikan dengan Javi Martinez, Juan Mata serta Santi Cazorla.

Dua menit sebelum waktu normal berakhir, Uruguay berhasil mencetak gol yang memperkecil ketinggalan. Adalah Suarez yang berhasil menjebol gawang Casillas saat dia dengan cerdik mencungkil bola tendangan bebas untuk mengubah kedudukan jadi 2-1.

Susunan Pemain
Spanyol: Iker Casillas, Gerard Pique, Sergio Ramos, Alvaro Arbeloa, Jordi Alba, Xavi (Javi Martnez), Cesc Fabregas (Santi Cazorla), Sergio Busquets, Andrs Iniesta, Pedro (Juan Mata), Roberto Soldado

Uruguay: Fernando Muslera, Diego Lugano, Diego Godin, Maxi Pereira, Marten Caceres, Walter Gargano, Nicolas Lodeiro, Cristian Rodriguez, Diego Perez (Diego Forlan), Gaston Ramirez (Alvaro Gonzalez), Luis Suarez, Edinson Cavani

Berita Terkait: