Konser G-Dragon di Jakarta, Luar Biasa (15/6/2013)

Senin, 17 Juni 2013

Konser solo G-Dragon (GD) di Indonesia berlangsung meriah dan heboh. Arena megah berlatar T yang ditunjang dengan panggung hidrolik dan dinding bertingkat di Mata Elang International Stadium (MEIS) Ancol, Jakarta, menjadi wahana beraksi bagi leader dari boyband Big Bang asal Korea Selatan tersebut.

Berbagai lagu hit yang dipopulerkan oleh pria bernama lahir Kwon Ji Yong itu berpadu dengan koreografi dan busana yang menarik, serta sejumlah ornamen pelengkap, yang menunjukkan bahwa konser bertajuk “1st World Tour 2013: G-Dragon – One of A kind” ini terkonsep dengan sangat apik. Histeria masal ribuan orang pada Sabtu (15/6/2013) malam serasa tak henti hingga durasi dua jam pertunjukan berlalu.

“Yoo.. What’s up Indonesia?” ujar GD, menyambut antusiasme para VIP – sebutan fans Big Bang. Di atas ornamen mobil balap F1 bergaya futuristik, sang primadona muncul dengan setelan jas terusan merah yang penuh dengan emblem. Tangan kanannya menggenggam mikrofon, sedangkan tangan kirinya memegang tongkat pendek. Tembang teranyar “Michi Go” yang dilantunkan oleh GD dengan iringan sejumlah dancer segera menjawab sorak girang para VIP.

Kesemarakan para penonton kian bertambah begitu lagu hit “Heartbreaker” disuguhkan berikutnya. Antusiasme penonton yang didominasi oleh remaja cewek terus terakselerasi oleh lagu sukses GD yang lain, “One of A Kind”. Jika lagu “Heartbreaker” menjadi andalan di album berjudul sama rilisan tahun 2009, maka lagu “One of A Kind” menjadi lagu andalan untuk minialbum terbarunya sehingga dicatut sebagai judul minialbum.

Rampung menyajikan lagu-lagu yang membangkitkan animo penonton untuk menyanyi dan melonjak-lonjak, GD kemudian merangkai repertoarnya dengan berbagai kejutan. Diawali oleh nyala kembang api, lagu “Light It Up” dinyanyikan oleh GD bersama Tablo ‘Epic High’ yang muncul berupa visualisasi 3D pada screen. Kolaborasi bersama CL ‘2NE1’ dalam menyanyikan lagu “The Leaders” juga dilakukan melalui media screen yang bisa dipindah-pindah tersebut.

Di samping screen seukuran manusia dewasa itu, sebanyak 16 screen berbagai ukuran pula tersebar di area panggung. Bukan hanya berguna untuk memperjelas aksi GD, tetapi juga sebagai katalisator suasana yang disesuaikan dengan lagu-lagu yang ditampilkan. Ketika menyanyikan lagu “Butterfly”, misalnya, sejumlah screen yang tersebar bergerak menyatu dan memperbesar gambar panorama.

Ditambah pemunculan layangan kupu-kupu berukuran raksasa, kesan dan pesan lagu “Butterfly” jadi semakin kuat. Selain itu, performa GD juga dipenuhi dengan berbagai gimmick yang menarik sehingga berhasil memukau penonton. Di antaranya ialah ketika lagu “That XX” yang dinyanyikan di atas ornamen berupa singgasana raja, lengkap dengan perhiasan metalik. Atau ketika lagu “Today” ditampilkan, GD hadir dengan ornamen berupa kendaraan tempur, yang bersenjatakan berbagai instrumen musik elektrik.

Sementara lagu “Obsession” dinyanyikan sambil menaiki dinding panggung yang bertingkat, lagu “She’s Gone” dinyanyikan oleh GD sambil berlari-lari mengitari berbagai penjuru panggung. Sebelumnya, pada saat lagu “The Leaders” dinyanyikan bersama CL ‘2NE1’, GD pun mengintroduksi dengan aksi menaiki sling dan meluncur di area panggung.

Gelora para penonton, yang banyak membawa crownstick bercahaya sehingga mempercantik suasana di venue, bertambah heboh ketika TOP yang menjadi bintang tamu konser hadir di panggung. Seperti GD, TOP pun merupakan personel Big Bang. Mereka berkolaborasi bersama dalam mengumandangkan lagu “Knockout” dan “High High”. TOP juga berkesempatan tampil untuk mencuri panggung ketika menyuguhkan lagu “Turn It Out” secara tunggal.

Bahkan setelah encore lagu “Breath” yang dinyanyikan bersama TOP dan lagu “Bad Boy” yang disajikan solo usai, hasrat penonton untuk terus menyaksikan GD tidak kunjung reda. Seperti pembuka, single terbaru “Michi Go” menjadi lagu penutup. Konser yang dipromotori oleh Big Daddy Entertainment ini pun selesai tepat pada pukul 22.15 WIB. Selama dua hari tur konser di Indonesia, pertunjukan spektakuler G-Dragon pada Minggu (16/6/2013) juga dipadati oleh para penggemarnya.

Berita Terkait: