Arne Friedrich Gantung Sepatu

Senin, 24 Juni 2013

Karier Arne Friedrich sebagai seorang pemain sepakbola profesional berakhir. Mantan bek tim nasional Jerman itu baru saja mengumumkan keputusannya untuk pensiun.

Friedrich mengumumkan keputusan ini lewat situs pribadinya pada Minggu (23/6/2013). Dia meminta klubnya, Chicago Fire, untuk memutus kontrak setelah dia mengalami beberapa cedera, termasuk cedera punggung dan pinggul.

"Ini adalah keputusan yang sangat sulit. Setelah mendiskusikannya dengan staf medis dan keluarga saya, saya memutuskan bahwa ini adalah waktu yang pas bagi saya untuk pensiun dari sepakbola profesional," jelas Friedrich.

"Saya sangat senang bisa menandatangani kontrak baru dengan Fire setelah musim 2012, tapi sayangnya cedera membuat saya tak bisa kembali ke permainan yang saya cintai," katanya.

Friedrich, yang kini berusia 34 tahun, mulai dikenal ketika dia membela Arminia Bielefeld. Tapi, namanya baru benar-benar menanjak setelah dia pindah ke Hertha Berlin pada tahun 2002. Berkat penampilan apiknya bersama Hertha, dia dipanggil ke timnas Jerman.

Friedrich tampil di Piala Eropa 2004, Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, dan Piala Dunia 2010. Mengoleksi total 82 caps, Friedrich mencetak satu gol untuk negaranya.

Sempat dua musim bermain di VfL Wolfsburg, Friedrich kemudian hijrah ke Amerika Serikat dan bergabung dengan Fire pada 2012. Dia cukup sukses di Fire dan dinobatkan sebagai bek terbaik klub untuk musim 2012.

"Saya benar-benar diberkati bisa tampil untuk negara saya di level tertinggi dan bermain di klub-klub kelas dunia. Saya ingin berterima kasih kepada semua rekan setim saya, para pelatih, suporter, dan keluarga yang sudah mendukung saya sepanjang karier saya," kata Friedrich.

Berita Terkait: