Andrea Pirlo Masuk 'Klub 100' Italia

Senin, 17 Juni 2013

Andrea Pirlo menjadi pemain kelima Italia yang punya catatan 100 caps di tim nasional. Torehan hebat itu ditandainya dengan gol cantik melalui eksekusi tendangan bebas.

Pirlo bermain sebagai starter saat Italia bermain dengan Meksiko di pertandingan pertama Piala Konfederasi 2013. Laga tersebut berkesudahan 2-1 untuk Gli Azzurri, di mana gol-gol Andrea Pirlo dan Mario Balotelli dibalas sekali oleh Javier Hernandez.

Khusus untuk Pirlo, pertandingan yang digelar di Stadion Maracana itu punya nilai sejarah besar karena menjadi penampilannya yang ke-100 bersama tim nasional Italia. Pirlo pertama memperkuat Gli Azzurri pada tahun 2002, dalam laga dengan Azerbaijan.

Pirlo menjadi orang kelima yang punya catatan 100 caps di tim nasional negaranya, dan menjadi gelandang pertama dengan torehan tersebut. Empat pemain lain yang juga sudah mencapai 100 caps adalah Fabio Cannavaro (136), Gianluigi Buffon (129), Paolo Maldini (126) dan Dino Zoff (112).

Hebatnya, Pirlo menandai 100 capsnya itu dengan sebuah gol, yang merupakan gol ke-13 di tim nasional. Bukan sembarang gol, dia mencetaknya lewat teknik yang sudah dia kuasai sangat baik yakni eksekusi bola mati. Melepaskan tembakan jauh dari luar kotak penalti, bola tendangan Pirlo meluncur deras ke sisi kanan gawang tanpa bisa dihalau kiper.

Dengan kini berusia 34 tahun dan 38 hari, Pirlo menjadi pemain tertua ketiga di negaranya yang bisa bikin gol di ajang Piala Konfederasi/Piala Dunia/Piala Eropa. Dua pemain yang bisa mencetak gol dengan usia lebih tua adalah Christian Panucci (35 tahun) dan Antonio Di Natale (34 tahun dan 241 hari).

Khusus di ajang Piala Konfederasi, Pirlo menjadi pencetak gol tertua kedua setelah Lothar Matthaus. Pesepakbola asal Jerman itu sudah berusia 38 tahun dan 129 hari ketika menjebol gawang Selandia baru di Piala Konfederasi 1999, dalam laga yang dimenangkan Jerman dengan 2-0. Demikian dikutip dari Infostrada.

Berita Terkait: