Espanyol 1-1 Real Madrid (12/5/2013)

Senin, 13 Mei 2013

Barcelona akhirnya dipastikan menjadi juara La Liga 2012/2013. Meski baru akan bertanding Minggu (12/5/2013) malam nanti, The Catalas sudah jadi kampiun karena Real Madrid cuma bermain imbang 1-1 dengan Espanyol.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di Estadi Cornella-El Prat, Espanyol unggul lebih dulu melalui gol yang dibuat Stuani pada manit 23. Madrid terhindar dari kekalahan setelah Gonzalo Higuain mencetak gol penyama di menit 13 babak kedua.

Hasil imbang ini membuat Madrid mengumpulkan 81 poin dari 36 pertandingan yang sudah dijalani atau terpaut tujuh dari Barcelona yang baru akan melakoni pertandingan ke-35 malam nanti dengan melawat ke Atletico Madrid. Barca pun dipastikan tak terkejar lagi poinnya sehingga memastikan diri menjadi juara Liga Spanyol 2012/2013.

Ini menjadi titel nomor 22 buat Barcelona sepanjang sejarah La Liga, atau yang keempat dalam lima musim terakhir.

Meski tak menurunkan kekuatan terbaiknya sejak menit awal, Madir lebih dulu punya peluang bikin gol saat tusukan Morata dihentikan kiper Francisco Casilla di dalam kotak penalti. Beberapa menit berselang Morata kembali menebar ancaman, saat dia terlambat menyambar umpan silang yang dilepaskan Higuain di menit 14.

Di menit 23 gol akhirnya tercipta, namun justru Espanyol yang lebih dulu membuatnya. Dari skenario tendangan sudut yang memunculkan kemelut di dalam kotak penalti, Stuani berhasil menyambar bola dan melesakkannya ke dalam gawang. Espanyol unggul 1-0.

Kerjasama segitiga antara Luka Modric, Angel di Maria dan Morata di menit 35 nyaris memberi Madrid gol penyama. Namun eksekusi yang dilakukan oleh Morata tepat mengarah ke kiper sehingga peluang mencetak gol penyeimbang kembali gagal.

Dalam posisi tertinggal, Jose Mourinho memasukkan Karim Benzema di awal babak kedua. Tak lama kemudian Cristiano Ronaldo juga diberi kesempatan masuk lapangan. Dan pergantian pemain tersebut memberi pengaruh positig buat El Real karena tak lama kemudian mereka berhasil mencetak gol penyama.

Tepatnya di menit 58 skor berubah menjadi 1-1. Menyongsong tendangan bebas yang dilepaskan Modric, Higuain membelokkan si kulit bundar dengan kepalanya ke dalam gawang.

Pada menit 78 Espanyol punya peluang untuk kembali unggul. Dari sebuah tendangan bebas, kemelut terjadi di dalam kotak penalti Madrid. Bola yang dibelokkan Forlin mengarah ke Stuani. Namun kali ini dia gagal menjebol gawang Madrid karena dikawal dengan sangat baik oleh Michael Essien.

Tak ada gol tambahan berhasil dibuat kedua kubu hingga laga tuntas. Skor 1-1 pun menjadi hasil akhir laga ini.

Susunan Pemain
Espanyol: Casilla, Lopez, Colotto, Moreno, Capdevila, Sanchez, Forlin, Mubarak ('90 Raul Baena), Verdu ('82 Simao), Garcia, Stuani

Madrid: Lopez, Albiol, Carvalho, Varane ('19 Xabi Alonso), Nacho, Essien, Modric, di Maria, Kaka ('57 Ronaldo), Morata ('45 Benzema), Higuain

Berita Terkait: