Manchester City 2-0 Chelsea (24/2/2013)

Senin, 25 Februari 2013

Manchester City memetik kemenangan dalam laga big match menghadapi Chelsea. Sempat dibuat kesulitan di babak pertama, The Citizens akhirnya menang 2-0 lewat gol Yaya Toure dan Carlos Tevez.

Di Etihad Stadium, Minggu (24/2/2013) malam WIB, City tampil mendominasi. Sejak babak pertama mereka berhasil menciptakan banyak peluang, namun selalu gagal menembus ketatnya pertahanan The Blues.

Baru di menit 63 City bisa memecah kebuntuan melaui Yaya Toure. Kemenangan skuat besutan Roberto Mancini akhirnya dipastikan setelah Carlos Tevez menjebol gawang Petr Cech dengan tendangan keras dari luar kotak penalti.

Kemenangan ini membuat jarak ketertinggalan City dengan Manchester United di puncak klasemen kembali menjadi 12 poin, dengan kompetisi yang menyisakan 11 pertandingan lagi. City kini punya poin 56, sementara 'Setan Merah mengumpulkan 68.

Sementara untuk Chelsea, gagal dapat poin membuat mereka bertahan di posisi tiga klasemen dengan poin 49. Hanya unggul satu poin dari Tottenham Hotspur, yang belum berlaga, membuat The Blues bisa tergeser ke posisi empat.

City langsung mencoba menggebrak di menit awal saat tendangan mendatar Yaya Toure dari muka kotak penalti masih bisa diamankan Petr Cech dengan cukup mudah. Tuan rumah kemudian mendominasi pertandingan dan lebih banyak mengkreasikan peluang.

Kans kedua yang dipunya The Citizens datang di menit 15, melalui skenario tendangan sudut. Menanduk bola di tengah kotak penalti, upaya Matija Nastasic masih bisa diselamtkan Cech dengan gemilang.

Tiga menit kemudian sebuah kesalahan yang dibuat pemain belakang The Blues nyaris membuat gawang mereka bobol. Tim tamu beruntung, Sergio Aguero yang tinggal berhadapan denga Cech kehilangan kontrol bola, yang membuat si kulit bundar bergulir cepat ke luar lapangan.

Enam menit sebelum turun minum City kembali punya kesempatan saat tendangan Zabaleta dari dalam kotak penalti mengenai kepala bek Chelsea saat akan mengarah ke gawang. Tak lama kemudian Cech membuat dua penyelamatan penting saat menepis tendangan jarak jauh dan tandukan jarak dekat yang dilepaskan Jack Rodwell.

Di awal babak kedua City kembali menebar ancaman ketika Silva berhasil mengirim umpan terukur pada Aguero di dalam kotak penalti. Namun tendangan akrobatik pemain depan asal Argentina itu masih melebar jauh.

Penalti untuk Chelsea! Wasit menunjuk titik putih menyusul pelanggaran yang dilakukan Joe Hart terhadap Demba Ba menyusul serangan balik cepat yang dibuat 'Si Biru'. Malang buat Chelsea, tendangan keras Frank Lampard ke sisi kanan bawah gawang terbaca dengan baik oleh Joe Hart. Skor tak berubah masih 0-0.

Dalam selang dua menit Aguero punya dua kesempatan membawa City unggul. Yang pertama di menit 55 tendangannya dari dalam kotak penalti diblok dengan sangat baik oleh Cahill. Semenit berselang tendangan cungkilnya berhasil memperdaya Cech, tapi bola melayang sedikit terlalu tinggi.

Gol yang ditunggu-tunggu City akhirnya tercipta di menit 63 atas nama Yaya Toure. Mendapat umpan dari David Silva di dalam kotak penalti, Toure dengan dingin menggiring bola beberapa langkah. Saat mendapatkan sedikit ruang dia melepaskan tendangan melengkung yang tak sampai dijangkau Petr Cech. 1-0 City unggul.

Keunggulan City bertambah saat pertandingan tersisa lima menit, kali ini melalui Carlos Tevez. Dapat sodoran bola dari Silva di muka kotak penalti, Tevez melepaskan tendangan keras yang menghujam gawang Cech. Kini tuan rumah unggul 2-0.

Susunan Pemain
City: Hart, Zabaleta, Toure, Nastasic, Clichy, Javi Garcia, Toure, Rodwell ('54 Tevez), Milner, Aguero ('90 Nasri), Silva ('90 Lescott)

Chelsea: Cech, Ivanovic, Luiz, Cahill, Cole, Mikel ('81 Torres), Lampard ('68 Moses), Ramires, Hazard ('69 Oscar), Mata, Ba

Berita Terkait: