Liverpool 5-0 Swansea (17/2/2013)

Senin, 18 Februari 2013

Liverpool akhirnya bangkit dari hasil buruk tanpa kemenangan di lima laga terakhirnya di seluruh kompetisi, setelah The Reds berhasil menggilas Swansea City lima gol tanpa balas.

Dalam laga yang dihelat di Anfield, Minggu (17/2/2013) malam WIB, Liverpool unggul 1-0 di babak pertama lewat penalti Steven Gerrard. Lalu di babak kedua mereka menambah empat gol melalui Coutinho, Jose Enrique, Luis Suarez dan penalti kedua yang kali ini dikonversi Daniel Sturridge.

Setelah tiga laga terakhir di Liga Inggris nihil kemenangan atau lima di seluruh kompetisi, Liverpool kini berada di posisi ketujuh klasemen dengan 39 poin dari 27 laga mereka. Sementara itu The Swans di urutan ke-8 dengan 37 poin.


Di menit ke-6 Liverpool memperoleh peluang pertama lewat tembakan keras Luis Suarez dari sisi kanan kotak penalti tapi bola tepat mengarah ke pelukan Michel Vorm.

Dua menit setelahnya memanfaatkan blunder Daniel Agger, Roland Lamah merebut bola dan melepaskan crossing ke kotak penalti tapi Jamie Carragher dengan sigap menghalau bola tersebut.

Di menit 17 free kick Steven Gerrard membentur pagar hidup, bola rebound disambar Suarez tapi masih melayang jauh di atas mistar. Begitu juga dengan free kick penyerang Uruguay itu beberapa menit setelahnya juga masih sedikit berada di atas mistar.

Liverpool kembali punya peluang di menit 23 tapi terbuang sia-sia setelah crossing Stewart Downing menemui Daniel Sturridge di kotak penalti tapi bola hasil tandukannya masih tak menemui sasaran.

Dua menit setelahnya Sturridge menggiring bola di sisi kanan melewat 1-2 pemain Swansea namun saat menembak ia mendapat tekel dari pemain lawan, bola liar disambar Coutinho tapi masih melebar dari sasaran.

Liverpool akhirnya membuka keunggulan di menit 34 lewat titik putih menyusul pelanggaran Agustien kepada Suarez. Gerrard yang jadi eksekutor dengan dingin menempatkan bola di pojok kanan bawah gawang Vorm.

Empat menit setelahnya Sturridge yang berlari di sisi kanan nyaris menjebol jala Vorm andaikan bola hasil sepakannya yang mengarah ke Suarez tak dihalau bek Swansea.

Semenit selepas restart Liverpool menggandakan keunggulan lewat gol "anak baru" Coutinho yang memanfaatkan Suarez dan menuntaskannya dengan sepakan keras yang tak bisa dihalau dengan baik oleh Vorm.

Coutinho nyaris di menit 48 mencetak gol keduanya andaikan tembakan backheel-nya dari jarak dekat tak menyamping tipis di sisi kanan gawang.
Di menit 50 Liverpool membuat gol ketiga mereka melalui Enrique menyusul kerjasama 1-2 antara Suarez serta Sturridge, nama terakhir mengumpan ke depan gawang yang disambar Enrique dengan kaki kanan dan menjebol jala Vorm.

Suarez! Penyerang Uruguay itu akhirnya menuntaskan puasa golnya di tiga laga terakhir setelah tembakan kaki kiri melengkungnya dari jarak dekat menaklukkan Vorm dan bola menuju pojok kanan bawah jala Swansea.

Di menit 63 Sturridge nyaris menjebol jala Vorm tapi tembakannya dari jarak dekat masih bisa dihadang Vorm dengan kakinya dan bola rebound disambar Suarez tapi dengan sigap bek Swansea menghalaunya.

Liverpool mencetak gol kelimanya di menit 71 lewat penalti Sturridge menyusul handball Wayne Routledge saat hendak menghalau bola crossing Enrique. Dengan kaki kirinya, Sturridge menembak bola dengan kencang dan bersarang di pojok atas gawang Vorm.

Di menit 82 tembakan Johnson dari dekat kotak penalti masih menyamping di sisi gawang. Tak ada gol lagi yang tercipta hingga Liverpool tetap menutup laga dengan kemenangan 5-0.

Susunan Pemain
Liverpool: Reina, Johnson, Enrique, Agger, Carragher, Lucas (Allen 72'), Gerrard, Coutinho (Henderson 60'), Downing, Sturridge, Suarez (Borini 78')

Swansea: Vorm; Tiendalli, Bartley, Monk, Davies; Britton, Agustien, De Guzman; Hernandez (Dyer 76'), Lamah (Routledge 63'), Shechter (Rangel 82')

Berita Terkait: