Manusia Kamera Ini Bisa Memotret Bila Disentuh

Jumat, 28 Desember 2012


Ada manusia kamera di Jepang yang berjalan-jalan dan hanya memotret bila seseorang menyentuhnya. Manusia kamera itu merupakan buah ide seniman bernama Eric Siu, sekaligus sebagai wujud pemberontakannya terhadap dunia yang terlalu mengandalkan teknologi.

Dilansir dari Device Magazine, Jumat (28/12/2012), negeri tempat Siu hidup memang memiliki sekelompok orang yang membentuk sebuah kebudayaan kecil bernama Hikikomori dan Otaku. Dalam Hikikomori, para remaja mengunci diri mereka dari dunia luar dan hidup hanya mengandalkan internet serta jejaring sosial.

Siu ingin melawan isolasi seperti itu sehingga menciptakan sebuah teknologi yang membutuhkan sentuhan manusia agar bisa berfungsi. Teknologi tersebut bernama Touchy Camera yang membutuhkan sentuhan orang lain agar bisa memotret.

Kamera tersebut dikenakan di kepala dan membuat penggunanya tampak seolah manusia kamera. Tanpa ada orang lain yang menyentuh penggunannya, kamera tersebut tidak akan berfungsi dan membuat penggunanya seolah buta.

Hal tersebut bisa terjadi karena shutter kamera akan tetap tertutup sampai seseorang menyentuh penggunanya selama 10 detik. Setelah shutter terbuka maka sistem dalam kamera tersebut akan memotret gambar yang dapat dilihat di LCD belakang kepala penggunanya.

Saat ini, Siu hanya mengembangkan satu versi Touchy Camera dan telah bertualang ke daratan China serta Asia membawa perangkat tersebut. Dia mengatakan, orang-orang mendekatinya dan berniat membelinya sebagai mainan.

Berita Terkait: