Aston Villa 0-4 Tottenham Hotspur (27/12/2012)

Kamis, 27 Desember 2012

Tottenham Hotspur berhasil membawa pulang poin penuh setelah mempermalukan tuan rumah Aston Villa dengan skor akhir 4-0. Gareth Bale menjadi bintang kemenangan Spurs dengan mencetak hat-trick.

Dalam pertandingan di Villa Park, Kamis (27/12/2012) dinihari WIB, Spurs tampil dominan di sepanjang pertandingan. Akan tetapi, The Villans mampu mengimbangi untuk memaksakan babak pertama ditutup tanpa gol.

Di babak kedua, Spurs 'mengamuk' dengan menggelontorkan empat gol. Jermaine Defoe membuka skor di menit 58 yang dilanjutkan oleh Bale masing-masing diciptakan di menit 61, 73 dan 84.

Dengan kemenangan ini, Tottenham kembali naik ke urutan empat klasemen dengan nilai 33 hasil 19 pertandingan. Sementara bagi Villa, kekalahan ini membuat mereka bergeming di urutan 16 dengan 18 poin sekaligus menambah "luka" setelah sebelumnya dibantai Chelsea 0-8 pada akhir pekan lalu.

Tottenham langsung mengambil insiatif serangan sejak menit pertama. Peluang perdana Spurs hadir di menit 11 lewat tendangan keras Gareth Bale dari luar kotak namun bisa ditepis Brad Guzan.

Gallas! Diawali dari sepak pojok, Kyle Walker mengirim bola ke tengah kotak, Gallas menyambut dengan sundulan tapi masih bisa diselamatkan Guzan.

Setengah jam waktu pertandingan, Villa merespons dengan menciptakan peluang bagus. Crossing dari Joseph Bennett di sisi kiri gagal diantisipasi Matthew Lowton. Spurs selamat dari bahaya.

Menerima umpan silang Bale, tendangan kerasn Emmanuele Adebayor dari kotak diblok Nathan Baker. Serangan balasan Villa berbahaya, umpan mendatar Lowton jatuh di kaki Brett Holman tapi tendangannya melambung.

Lima menit menjelang waktu normal pertandingan berakhir, Spurs membuat peluang lagi. Dari operan Jermain Defoe, Bale melepaskan tendangan yang menguji Guzan.

Meski lebih banyak tertekan di babak pertama, Villa tampil lebih baik pasca restart. Di menit 56, Benteke nyaris menciptakan gol pembuka setelah menerima umpan Stephen Ireland tapi kesigapan Hugo Lloris sukses mencegah bola masuk ke gawang Spurs.

Gol! Defoe memecah kebuntuan di menit 57. Dari umpan terobosan Kyle Naughton, Defoe melepaskan sepakan yang melalui sela-sela kaki Guzan sebelum menembus gawang Villa. Tottenham memimpin 1-0.

Empat menit berselang, Spurs berhasil memperbesar skor menjadi 2-0. Dari serangan balik setelah kesalahan Bennett dalam membuang bola, Bale memperdaya Guzan untuk mencetak gol.

Gol! Spurs kini mengungguli Villa 3-0 di menit 73. Hasil kerjasama Lennon dan Walker, Bale menerima bola di dalam kotak, tak terkawal dan dengan mudah menggetarkan gawang yang dijaga Guzan.

Dua menit kemudian, Defoe hampir menciptakan gol keduanya. Dalam posisi bebas di dalam kotak, tendangan Defoe melambung tinggi dalam menyambut umpan silang Walker.

Bale melengkapi hat-trick di menit 84. Umpan terobosan diperoleh Gylfi Sidgursson yang mengoperkan kepada Bale untuk dikonversi menjadi gol. Villa 0, Tottenham 4.

Susunan Pemain
ASTON VILLA: Guzan, Clark, Bennett, Herd, Baker (Ireland 45), Lowton, El Ahmadi, Holman, Westwood (Albrighton 45), Delph, Benteke

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Gallas, Naughton, Walker, Lennon, Bale (Townsend 84), Dembele (Parker 62), Sandro, Adebayor (Sidgursson 79), Defoe

Berita Terkait: