Capirossi: Rossi Masih Yang Terbaik

Kamis, 23 Agustus 2012

Mantan pebalap MotoGP, Loris Capirossi, mendukung keputusan Valentino Rossi kembali ke Yamaha. Menurutnya, yang bermasalah memang motor Ducati, bukan The Doctor.

Seperti diketahui, Rossi cuma bertahan dua musim di Ducati. Karena tak kunjung tampil impresif, rider asli Italia itu memutuskan untuk menerima tawaran kembali ke Yamaha, tim yang mengantarkannya ke puncak kejayaan pada periode 2004-2010.

Capirossi, yang pernah memperkuat Ducati selama lima musim, sangat memahami dan mendukung langkah Rossi tersebut. Dia menganggap Rossi masih merupakan primadona di ajang MotoGP dan sudah seharusnya kembali ke level teratas.

"Valentino sudah melakukan hal yang tepat karena dia masih yang terbaik dan dia sangat tahu itu, dan karena dengan Ducati Anda tak bisa menang lagi, paling tidak bukan sekarang," ungkap Capirossi kepada Repubblica.

"Saya bersama Rossi, sebagaimana seluruh dunia MotoGP, yang butuh perubahan drastis dan menemukan lagi antusiasme sesegera mungkin. Dunia MotoGP butuh juaranya, pahlawannya, untuk kembali ke puncak," jelasnya.

"Pebalap paling dicintai tak boleh dibatasi untuk peran pendukung saja. Kami semua butuh adrenalin murni, di mana apa yang kita miliki beberapa tahun terakhir ini mungkin kurang."

"Jangan menipu diri sendiri, tidak ada yang seperti dia. Dia adalah berkah bagi olahraga ini."

"Dia tak bisa lanjut terus (dengan Ducati). Maaf saja buat Ducati, tapi mungkin akhir kisah cinta ini akan mengajari semua orang tentang sesuatu. Mereka tak mampu berpacu dengan waktu."

"Valentino benar: mereka akan bicara tentang angka, analisis teknis, tabel, tanpa mendengarkan orang yang di atas motor. Sudah sangat lama mereka berpikir masalahnya adalah si pebalap, padahal bukan."

Kalau memang Ducati yang bermasalah, kok Casey Stoner bisa juara dengan motor Desmosedici di tahun 2007? Capirossi, yang di tahun itu jadi rekan setim Stoner, punya jawaban.

"(Yang dipakai Stoner) adalah motor yang berbeda. Di tahun dimana dia memenangi titel, saya juga memenangi balapan dan naik podium dua kali," ujar Capirossi.

"Saya ingin melihat apa yang akan dilakukan Stoner dengan Ducati hari ini," katanya.

Berita Terkait: