AS Juara Umum Olimpiade 2012

Senin, 13 Agustus 2012

Medali emas cabang basket putra menggenapi perolehan medali emas Amerika Serikat menjadi 46 dan memastikan mereka jadi juara umum Olimpiade 2012. Cuma dapat satu perak dan satu perunggu, Indonesia ada di posisi 63.

Total medali yang dikumpulkan kontingen asal Amerika Serikat adalah 104. Dari jumlah tersebut 46 di antaranya adalah emas, 29 perak dan 29 perunggu.

Kolam renang dan cabang atletik menjadi penyumbang medali emas terbanyak buat 'Paman Sam'. Michael Phelps dkk total mendonasikan 16 emas, sembilan perak dan enam perunggu. Sedangkan dari atletik, total sembilan emas, 13 perak dan tujuh perunggu dikumpulkan.

Amerika Serikat mengalahkan juara umum empat tahun lalu, China, yang berada di posisi dua. Meski sempat memuncaki perolehan medali di pekan pertama, China hingga hari terakhir Olimpiade, Minggu (12/8/2012) waktu setempat mengoleksi 38 emas, 27 perak dan 22 perunggu.

Duduk di posisi tiga adalah Inggris Raya setelah mampu mengoleksi 29 emas, 17 perak dan 19 perunggu. Dari sisi prestasi, ini merupakan Olimpiade tersukses buat Inggris Raya sejak tahun 1908 silam.

Sementara Rusia berhak atas posisi empat setelah mengumpulkan 24 emas, 25 perak dan 33 perunggu. Menguntit di belakangnya adalah Korea Selatan usai meraih 13 emas, delapan perak dan tujuh perunggu.

Berturut-turut mengisi posisi enam hingga melengkapi urutan 10 besar adalah Jerman, Prancis, Italia, Hongaria dan Australia.

Kontingen Indonesia, yang meraih satu perak dan satu perunggu harus puas terlempar ke posisi 63. Indonesia sejajar dengan Malaysia, Bulgaria, Estonia, Puerto Rico dan China Taiwan.

Dua medali yang didapat kontingen Indonesia seluruhnya disumbangkan cabang angkat besi. Sementara bulutangkis gagal total karena pemain Indonesia justru tak satupun bisa masuk ke final, ini membuat tradisi emas yang sudah berlangsung sejak 1992 terputus di London 2012.

Negara terbaik ASEAN di London 2012 adalah Thailand. Mereka ada di peringkat 57 dengan raihan dua perak dan dua perunggu.

Berita Terkait: