Milan Baros Pensiun dari Timnas Ceko

Jumat, 22 Juni 2012

Milan Baros sampai pada penghujung kariernya bersama timnas Republik Ceko. Usai menelan kekalahan atas Portugal di 8 besar Piala Eropa, dia memutuskan gantung sepatu.

Sebuah gol Cristiano Ronaldo membuat Republik Ceko tunduk 0-1 dan terdepak di perempatfinal Euro 2012. Pertandingan tersebut ternyata menjadi laga terakhir Baros, yang pada pertandingan itu dipasang sebagai starter.

Baros tidak menyatakan langsung keputusannya mundur dari timnas kepada media. Dia mengungkapkan hal tersebut di ruang ganti, dihadapan pelatih dan rekan-rekannya.

"Dia hanya mengatakan itu pada rekan-rekannya di ruang ganti, saya tidak bisa memberikan pernyataan atas nama dia," sahut jurubicara tim Republik Ceko, Jaroslav Kolar seperti diberitakan AFP.

"Pemain yang lain serta pelatih bereaksi dengan memberikan tepuk tangan selama lima menit. Itu cukup lama dan memunculkan suasana yang emosional," lanjut dia.

Baros mulai membela timnas senior Republik Ceko sejak tahun 2001, tapi pengabdiannya buat negara sudah dimulai sejak enam tahun sebelumnya mulai dari level timnas U-15, U-16, U-17, U-18 dan U-21. Tak ada gol berhasil dibuat Baros di Piala Eropa 2012 ini, yang membuat total golnya bersama Republik Ceko masih bertahan di angka 41, dari total 93 caps.

Salah satu momen terbaik Baros adalah saat dia mengantar Liverpool menjuarai Liga Champions tahun 2005. Namun setelah itu penampilannya terus menurun.

Berita Terkait: