Belanda 6-0 Irlandia Utara (3/6/2012)

Minggu, 03 Juni 2012

Belanda memetik kemenangan besar di pertandingan ujicoba terakhirnya sebelum terjun ke Piala Eropa. Menghadapi Irlandia Utara, Robin van Persie dkk menang setengah lusin tanpa balas, 6-0.

Bertanding di depan pendukungnya sendiri, Amsterdam ArenA, Minggu (3/6/2012) dinihari WIB, Belanda turun dengan kekuatan terbaiknya. Mendominasi pertandingan sejak menit awal, skuad besutan Bert van Marwijk pun bisa menggunduli lawannya enam gol tanpa balas.

Gol pembuka Belanda tercipta di menit 11 dari tandukan Van Persie. Menyongsong umpan silang yang dilepaskan Wesley Sneijder, bola yang diarahkan Van Persie dengan kepalanya bersarang di sudut kanan atas gawang.

Empat menit kemudian skor berubah menjadi 2-0. Tendangan bebas kaki kanan Sneijder menjurus ke sudut kiri bawah gawang dan tak mampu dihalau kiper Lee Camp.

Belanda memperbesar keunggulan menjadi 3-0 menyusul penalti yang diberikan wasit setelah Shane Ferguson dinyatakan bersalah karena menyentuh bola dengan tangan di dalam kotak penalti. Van Persie dengan sempurna menuntaskan tugasnya menjadi eksekutor sekaligus mencetak gol keduanya dalam laga tersebut.

Sebelum turun minum, Belanda kembali menjebol gawang Irlandia Utara. Mendapat bola sodoran dari Van Persie, tendangan keras Ibrahim Afellay mengubah kedudukan jadi 4-0.

Beberapa perubahan dibuat Belanda saat turun minum, namun itu tak mengurangi ketajaman lini depan mereka. Di menit 51 Afellay kembali membuat pendukung Belanda bersorak setelah sepakannya mengubah skor jadi 5-0.

Pesta gol Belanda ditutup oleh Ron Vlaar di menit 78. Menyambut umpan dari Afellay, tandukan Vlaar mengoyak gawang Irlandia Utara dan memastikan Belandang menang 6-0.

Berita Terkait: