Tottenham Hotspur 5-0 Newcastle (12/2/2012)

Minggu, 12 Februari 2012

Tottenham Hotspur tampil gemilang kala menghadapi Newcastle United dalam lanjutan Liga Inggris. The Lilywhites menang lima gol tanpa balas.

Dalam laga yang dihelat di White Hart Lane, Minggu (12/2/2012) dinihari WIB, Spurs sudah unggul 4-0 di babak pertama lewat dua gol Louis Saha, Benoit Assou Ekotto dan NIko Kranjcar. Satu gol lainnya dihasilkan Emmanuel Adebayor di babak kedua.

Dengan raihan tiga poin ini, Spurs mengokohkan posisinya di urutan ketiga klasemen dengan 53 poin dari 25 laga. Selisih lima poin dengan Manchester United di puncak. Sementara Newcastle tertahan di urutan keenam dengan poin 42.

Baru empat menit laga berjalan Spurs sudah unggul lewat gol Assou-Ekotto. Umpan satu-dua Bale dan Adebayor membelah pertahanan Newcastle, nama terakhir mengirimkan umpan ke tiang jauh dan Ekotto dengan mudah menceploskan bola ke gawang.

Tak sampai dua menit kemudian Spurs menggandakan skor setelah crossing Adebayor sukses digapai Saha lewat sebuah sepakan keras yang tak bisa dihadang Tim Krul.

Di menit ke-20 Spurs memimpin tiga gol. Ekotto memberikan bola kepada Luka Modric yang berlari di sisi kiri dan mengumpan kepada Adebayor. Bola kemudian disodorkan kepada Saha yang langsung menembaknya ke dalam gawang.

Newcastle punya peluang memperkecil ketertinggalan di menit 25. Tembakan bebas Demba Ba masih melebar di sisi kiri gawang Brad Friedel.

Kranjcar! Pada menit ke-34 Spurs menggila dan mencetak gol keempatnya. Bola hasil tembakan Adebayor berhasil ditepis Krul dan rebound digapai Adebayor yang kemudian menyodorkan kepada Kranjcar. Gelandang asal Krosia itu lantas menyepak bola ke arah gawang dan gol.

Di babak kedua Spurs mulai mengendurkan tekanan dan hanya menambah satu gol lewat Adebayor di menit 65. Diawali crossing Ekotto ke tiang jauh yang disundul Saha ke muka gawang dan Adebayor meneruskan dengan sepakan first time.

Laga pun berkesudahan dengan skor 5-0.

Susunan pemain
TOTTENHAM: Friedel; Walker, Dawson, King (Nelsen 74'), Assou-Ekotto; Kranjcar, Modric, Parker, Bale (Lennon 68'); Adebayor, Saha (Defoe 68')

NEWCASTLE: Krul; Simpson, Williamson, Coloccini, Santon; Obertan (Ferguson 45'), Guthrie (Lovenkrands 86'), Perch, Gutierrez; Ba, Cisse (Gosling 68')

Berita Terkait: