FC Porto 1-2 Manchester City (17/2/2012)

Sabtu, 18 Februari 2012

Sempat tertinggal lebih dulu, Manchester City akhirnya memetik kemenangan 2-1 dalam lawatan ke kandang FC Porto. Gol penentu kemenangan The Citizens atas sang juara bertahan datang dari Sergio Aguero.

Betanding di Estadio do Dragao, Jumat (17/2/2012) dinihari WIB, City lebih dulu tertinggal. Silvestre Manuel Goncalves Varela menjebol gawang Joe Hart usai dapat umpan dari Hulk di menit 27.

City baru bisa membalas gol tersebut di babak kedua. Bunuh diri Alvaro Pereira membuat kedudukan sama kuat 1-1 pada menit 55. Skor baru berubah jadi 2-1 setelah Sergio Aguero menjebol gawang tuan rumah enam menit sebelum pertandingan usai.

Kemenangan 2-1 ini membuat jalan City lolos ke babak berikutnya semakin lebar. Dengan leg kedua akan digelar di Etihad Stadium, Vincent Kompany dkk. cuma butuh hasil imbang dalam pertandingan itu.

Meski banyak berada di bawah tekanan pada babak pertama, City justru lebih dulu punya peluang bikin gol di babak pertama. Di menit 20 Helton dengan sigap menepis bola tandukan Mario Balotelli, tak lama berselang kiper asal Brasil itu memblok sepakan jarak jauh Micah Richards.

Porto membuka keunggulan di menit 27. Bermula dari tusukan Hulk di sisi kiri, dia kemudian melepaskan umpan ke tengah kotak penalti. Dari jarak dekat Varela membelokkan bola ke gawang melewati kiper Joe Hart.

Hanya dalam selang dua menit Balotelli punya kans menyamakan kedudukan saat tendangannya dalam posisi satu lawan satu dengan kiper masih terhalau. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua City tampil lebih agresif. Dan hasilnya adalah gol penyama yang tercipta di menit 55. Tak ada pemain City yang mencatatkan namanya atas gol tersebut, bola masuk ke gawang Porto akibat aksi bunuh diri Alvaro Pereira.

Lewat tendangan bebas Hulk, Porto nyaris kembali unggul. Tendangan bebas yang dilepaskan dari luar kotak penalti masih bisa dihalau Joe Hart.

Sebelas menit sebelum pertandingan berakhir Roberto Mancini melakukan pergantian pemain dengan menarik Balotelli dan memasukkan Aguero. Hanya enam menit setelah masuk lapangan Aguero mampu menyumbang gol yang menjadi penentu kemenangan timnya.

Meneruskan kerjasama yang dibangun antara Samir Nasri dan Toure, Aguero berhasil menjebol gawang Porto dan membungkam publik Estadio do Dragao.

Susunan Pemain
Porto: Helton, Danilo ('22 Eliaquim Mangala) ('89 Steven Defour), Rolando, Maicon, Pereira, Gonzalez, Fernando, Joao Moutinho, Varela ('77 Kleber) , Hulk, James Rodriguez

City: Hart, Richards, Kompany, Lescott, Clichy, Barry, De Jong, Nasri ('88 Zabaleta), Toure Yaya, Silva ('82 Kolarov), Balotelli ('79 Aguero)

Berita Terkait: