Manchester United 1-2 Crystal Palace (1/12/2011)

Kamis, 01 Desember 2011

Manchester United harus tertunduk di kandang sendiri. Menghadapi Crystal Palace di perempatfinal Piala Liga Inggris, MU takluk 1-2 dan dinyatakan tersingkir.

Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Old Trafford, Kamis (1/12/2011) dinihari WIB, MU tampil relatif lebih dominan sejak babak pertama. Statistik mencatat, skuad arahan Sir Alex Ferguson itu memenangi penguasaan bola hingga 60%.

Kendati demikian, MU kesulitan untuk menembus pertahanan Palace. Serangan-serangan yang dibangun selalu terhenti sebelum bisa diselesaikan oleh Dimitar Berbatov atau Federico Macheda.

Fergie kemudian memasukkan Ravel Morrison, menggantikan Berbatov, di awal babak kedua untuk menopang lini depan. Pilihan ini terbukti lebih membuat serangan 'Setan merah' hidup.

MU kemudian memenangi penguasaan bola hingga 75%, dan Morrison sendiri sempat mendapatkan peluang di pertengahan babak kedua. Namun, sepakannya dari dalam kotak penalti masih bisa diblok oleh kiper Lewis Price.

Macheda juga sempat mendapatkan peluang di menit 61, namun sepakannya dari luar kotak penalti masih melambung.

Belum memberikan perubahan berarti, Fergie kemudian memasukkan Paul Pogba untuk menyeimbangkan lini tengah. Kendati demikian, Palace yang dimotori oleh Wilfred Zaha justru unggul lebih dulu.

Darren Ambrose, yang baru masuk di awal babak kedua, tak terkawal di area depan kotak terlarang MU. Ia pun melepaskan sebuah sepakan keras ke pojok atas kanan gawang MU dan masuk. Palace unggul 1-0 di menit ke-65.

Namun, keunggulan Palace hanya bertahan tiga menit. Macheda dijatuhkan di dalam kotak terlarang dan MU pun mendapatkan penalti. Macheda sendiri yang menjadi eksekutornya tak membuang percuma kesempatan itu dan mengubah skor menjadi 1-1.

Meski terus menekan, MU tetap kesulitan untuk membongkar pertahanan Palace. Laga kemudian dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu.

Pada menit 98, Palace pun mengejutkan tuan rumah. Tendangan bebas yang dilepaskan Ambrose dari sisi kiri ditanduk oleh Glenn Murray tepat di depan gawang yang dikawal Ben Amos. Palace kembali unggul.

Dalam keadaan tertinggal, MU kembali menekan. Namun, kokohnya pertahanan Palace membuat The Red Devils kesulitan. MU akhirnya harus mengakui keunggulan Palace dan tersingkir dari ajang Piala Carling.

Susunan Pemain
Manchester United: Ben Amos, Rafael da Silva (Paul Pogba 64), Jonny Evans, Chris Smalling, Fabio da Silva (Ezekiel Fryers 37), Park Ji-Sung, Antonio Valencia, Darron Gibson, Mame Biram Diouf, Dimitar Berbatov (Ravel Morrison 46), Federico Macheda.

Crystal Palace: Lewis Price, Patrick McCarthy, Anthony Gardner, Dean Moxey (Darren Ambrose 46), Nathaniel Clyne, David Wright, Kagisho Dikgacoi, Stuart O'Keefe, Jermaine Easter (Glenn Murray 74), Wilfred Zaha, Sean Scannell (Jonathan Parr 45).

Berita Terkait: