Guus Hiddink Dipecat Turki

Rabu, 16 November 2011

Federasi sepakbola Turki memutuskan untuk mengakhiri kontrak Guus Hiddink. Keputusan itu diambil setelah Turki gagal lolos ke putaran final Piala Eropa 2012.

Turki harus tersingkir setelah hanya bermain imbang tanpa gol dengan Kroasia di leg kedua babak play off. Sebelumnya, di leg pertama Turki kalah 0-3 di hadapan publiknya sendiri.

Hiddink menyebut kegagalan Turki disebabkan oleh buruknya sistem pembinaan pemain muda. Menurutnya pemain muda di Turki kurang memperoleh kesempatan untuk berkembang.

"Semua tim nasional mewakili sebuah negara, mulai dengan usia di bawah 14 tahun hingga ke level senior, tergantung pada bagaimana klub mengatur dan seberapa serius mereka melakukan pembinaan pada pemain mulai dari usia 10 tahun," ujar pelatih asal Belanda ini seperti dikutip oleh Guardian.

"Tapi di Turki hanya satu atau dua pemain dari Turki U-19 dan U-21 yang masuk ke level senior dan ketika di negara lain itu adalah proses yang bisa diandalkan, tidak demikian dengan Turki."

"Turki punya banyak potensi tapi akan lebih sering ikut terlibat dalam turnamen besar jika sistemnya diatur lebih baik, karena pondasi harus diletakkan di klub dan akan 100% efisien," demikian tuntasnya.

Berita Terkait: