Real Sociedad 2-2 Barcelona (10/9/2011)

Minggu, 11 September 2011

Real Sociedad memberi hambatan pada Barcelona di pekan kedua Liga Spanyol musim ini. Dua gol balasan nan cepat mereka di babak kedua membuat Azulgrana pulang dari Estadio Anoeta dengan hasil seri 2-2.

Pada pertandingan yang berlangsung Sabtu (10/9/2011) malam WIB, Barca yang membangkucadangkan beberapa pemain utamanya seperti Carles Puyol, Andres Iniesta dan Lionel Messi, seperti akan mendominasi ketika mampu mencetak dua gol hanya dalam 12 menit usia kickoff.

Xavi Hernandez membungkam suporter tuan rumah di menit kesepuluh, meneruskan umpan Cesc Fabregas. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Hanya berselang dua menit, Barca menggandakan keunggulannya. Lolos dari perangkap offside, Cesc Fabregas menerima sodoran Pedro Rodriguez dan tak kesulitan menaklukkan kiper Bravo.

Musibah menimpa salah satu pemain baru Barca, Alexis Sanchez. Di menit 30, bertabrakan dengan Dani Estrada, penyerang internasional Cile itu harus ditarik keluar karena pahanya langsung cedera. David Villa masuk untuk mengisi posisinya.

Sociedad punya satu kans nyata di menit-menit terakhir babak pertama. Memanfaatkan sundulan buruk Dani Alves, Antoine Griezmann mengarahkan bola kepada Xabi Prieto, yang kemudian melakukan tendangan voli. Kiper Victor Valdes melakukan penyelamatan gemilang.

Babak kedua dimulai, Sociedad mencoba mengambil inisiatif serangan terlebih dulu. Imanol Agirretxe memberi tekanan pada pertahanan Barca, tapi tembakan kerasnya masih melebar dari bidang sasaran.

Upaya mereka memperoleh hasilnya di menit 59. Umpan silang Priero berhasil diterima Agirretze, yang mengalahkan seorang panjaganya, dan sundulannya menembus gawang Valdes.

Berselang dua menit dari gol tersebut, Kesalahan Villa dalam melkakukan backpass berakibat fatal untuk Barcelona. Agirretxe memanfaatkan kesempatan dan mengalahkan Valdes. Bola masih bisa diselamatkan Sergi Busquets sehingga membelok ke mistar gawang, tapi Griezmann berhasil dalam rebound, dan mengubah kedudukan menjadi 2-2!

Barca terhenyak dan pada akhirnya memasukkan Messi, dan kemudian Iniesta di menit 80. Di sisa pertandingan, Los Cules terus mengurung pertahanan Sociedad untuk memburu gol lagi. Namun tidak berhasil.

Sociedad bahkan sempat memberi tekanan balik di injury time pada Barca. Sedikitnya tiga kali mereka memiliki shot goal, tapi tidak satu pun yang menjadi gol. Pertandingan selesai tetap dengan skor 2-2.

Sociedad pun menjadi tim kedua yang membuat Barca tidak melulu menang di awal musim ini . Tim pertama adalah Real Madrid, yang bermain 2-2 di Santiago Bernabeu di leg pertama Piala Super Spanyol. Di pertandingan La Liga pekan pertama minggu lalu, Barca menang besar 5-0 atas Villarreal.

Susunan pemain
Sociedad: Claudio Bravo, Inigo Martinez, Vadim Demidov, Alberto de la Bella, Daniel Estrada, McDonald Mariga (Mikel Aranburu 80), Illarramendi, Xabi Prieto (Cadamuro 70), Antoine Griezmann, Imanol Agirretxe (Carlos Vela 80), David Zurutuza

Barcelona: Victor Valdes, Fontas (Andres Iniesta 80), Sergio Busquets, Adriano, Dani Alves, Seydou Keita, Thiago (Lionel Messi 63), Xavi, Cesc Fabregas, Alexis Sanchez (David Villa 32)

Berita Terkait: