Samai Ajax & Bayern, Barcelona Semakin Dekati Kasta Elit

Minggu, 29 Mei 2011

Barcelona kini sudah mengoleksi empat gelar juara di Liga Champions. Barca kini tinggal butuh satu trofi lagi di ajang itu untuk masuk ke dalam kelompok istimewa.

Barca menjadi kampiun Liga Champions musim ini setelah mengalahkan Manchester United 3-1 di partai puncak yang digelar di Wembley, Minggu (29/5/2011) dinihari WIB.

"Tentu saja kami sangat senang sudah berhasil jadi juara, tapi kami amat sangat senang sudah menunjukkkan kepada dunia cara bermain kami, menjaga bola, terus berusaha menyerang salah satu tim terbaik di dunia," komentar entrenador Barca Pep Guardiola di Sky Sports.

Gelar tersebut menjadi yang keempat untuk Barca di kancah Piala Champions/Liga Champions setelah sebelumnya menjadi jawara di tahun 1992, 2006 dan 2009. Tambahan satu gelar juga bikin Barca menyamai raihan Bayern Munich dan Ajax Amsterdam.

Artinya, Barca hanya butuh satu gelar juara Liga Champions lagi untuk masuk ke jajaran elit klub peraih badge of honour, sebuah emblem yang dikenakan di lengan seragam klub-klub yang mendapat penghormatan khusus oleh UEFA. Emblem tersebut diberikan kepada klub yang telah mengoleksi minimal lima trofi secara total, atau berhasil meraih tiga trofi secara berturut-turut.

Sejauh ini badge of honour sudah disandang oleh Real Madrid, AC Milan, Liverpool, Bayern Munich, dan Ajax Amsterdam.

Berita Terkait: