Spanyol 2-1 Ceko (26/3/2011)

Minggu, 27 Maret 2011

Timnas Spanyol masih sanggup mempertahankan rekor 100 persen kemenangan dalam lanjutan kualifikasi Piala Eropa 2012. Berhadapan dengan Republik Ceko, La Furia Roja memetik kemenangan 2-1.

Spanyol menjamu Ceko di Nuevo Los Carmenes, Sabtu (26/3/2011) dinihari WIB. Tim tuan rumah dikejutkan gol Jaroslav Plasil yang membuat Ceko unggul lebih dahulu di menit 29.

Gol balasan Spanyol lahir baru di babak kedua. David Villa tampil sebagai pahlawan dengan memborong dua gol yang dicetaknya di menit 69 dan empat menit kemudian dari titik putih.

Dengan kemenangan ini, sang juara bertahan Eropa dan dunia itu masih bercokol di puncak klasemen Grup I dengan 12 poin hasil empat kali bertanding tanpa kalah. Sementara Ceko ada di urutan kedua dengan nilai enam poin.

Saat pertandingan baru berusia tiga menit, Spanyol langsung membahayakan gawang Ceko. Andres Iniesta melepas sepakan namun berhasil ditepis Petr Cech yang membuahkan sepak pojok yang diteruskan dengan tandukan Joan Capdevilla. Melebar.

Peluang emas pertama Spanyol didapat dari David Villa di menit 24. Menerima crossing Jesus Navas, Villa melepas tendangan voli yang membuat Cech jatuh bangun menyelamatkan gawangnya.

Meskipun agresif, Spanyol malah kecolongan lima menit kemudian. Ceko berhasil unggul 1-0 berkat Jaroslav Plasil.

Ceko nyaris saja menambah keunggulannya di menit 34. Namun ketangguhan Iker Casillas di bawah mistar gawang belum mampu menambah jumlah gol tim tamu.

Peluang lain didapat Spanyol dua menit menjelang jeda. Bola tandukan Villa dari titik penalti masih sanggup diamankan oleh Cech. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Demi mengejar ketertinggalan, Spanyol terus melakukan bombardir serangan. Tandukan sembari jatuh Sergio Ramos masih melebar di menit 61.

Serangan lainnya juga diupayakan oleh Iniesta dua menit berselang. Tembakannya tidak dapat dijangkau Cech namun juga masih belum tepat sasaran.

Gol balasan Spanyol baru lahir enam menit kemudian melalui Villa. Villa berkelit dan menemukan ruang kosong di batas kotak penalti dengan kawalan dari dua pemain lawan. Sepakan Villa menembus gawang Cech dan skor kini 1-1.

Penalti! Wasit menunjuk titik putih usai Iniesta dijatuhkan oleh Jan Rezek di area terlarang. Villa tampil sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya. Spanyol berbalik unggul 2-1 di menit 73.

Setelah unggul, Spanyol belum mengendurkan serangannya. Di menit 76, Villa mengumpan kepada Fernando Torres yang lantas melepas sepakan setengah voli namun tipis saja menyamping dari gawang Cech.

Menjelang laga berakhir, Ceko hampir saja kebobolan lagi jika Cech tidak cekatan menangkap sepakan keras dari Torres hasil kerjasamanya dengan Iniesta.

Susunan Pemain
Spanyol: 1-Iker Casillas; 17-Alvaro Arbeloa, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 11-Joan Capdevila (20-Santi Cazorla 58); 22-Jesus Navas (4-Carlos Marchena 86), 8-Xavi, 14-Xabi Alonso (9-Fernando Torres 46), 16-Sergio Busquets, 6-Andres Iniesta; 7-David Villa.

Republik Ceko: 1-Petr Cech; 12-Zdenek Pospech, 5-Roman Hubnik, 6-Tomas Sivok, 3-Michal Kadlek; 11-Daniel Pudil (14-Adam Hlousek 78), 17-Tomas Huebschman, 10-Tomas Rosicky, 13-Jaroslav Plasil, 9-Jan Rezek (7-Tomas Necid 84); 15-Milan Baros.

Berita Terkait: