Cantona Khawatir Masa Depan Manchester United Tanpa Ferguson

Kamis, 24 Februari 2011

Sir Alex Ferguson memang telah menjadi salah satu faktor utama kesuksesan Manchester United selama ini. Namun setelah sang pelatih pensiun, MU diyakini akan menghadapi masalah besar.

Hal itu diungkapkan oleh Eric Cantona, salah satu pemain legendaris 'Setan Merah'. Selama lebih dari dua dekade membesut MU, Ferguson telah mempersembahkan total 35 gelar, termasuk 11 gelar Liga Primer, lima Piala FA dan dua trofi Liga Champions.

Ferguson kini berusia 69 tahun. Dengan usianya itu, diyakini pelatih asal Skotlandia itu tidak lama lagi akan pensiun meskipun yang bersangkutan bertekad untuk terus melatih selama masih sehat.

Namun yang jadi masalah adalah ketika waktu pensiun itu tiba. Karena selama ini MU telah "terbiasa" dengan Ferguson dan segala sistemnya maka hal itu diyakini akan menjadi masalah buat The Red Devils.

"Hari ini, dia seperti (Mahatma) Gandhi dalam permainan ini. Dengan Manchester, menurutku, Ferguson adalah seorang jenius," ucap Cantona kepada Daily Mail.

"Maka aku berpikir selama Ferguson menjadi manajer tidak akan ada masalah, setelah itu maka akan ada banyak masalah yang timbul."

Cantona kemudian mengungkapkan rahasia kesuksesan Fergie dalam melatih MU. Menurut dia, karena kemampuan Ferguson yang berhasil menghubungkan seluruh pemain dari berbagai generasi.

"Dia punya banyak pemain dari generasi yang berbeda sekarang. Dia akan segera berusia 70 tahun dan bekerja dengan pemain berusia 18 tahun tapi bisa beradaptasi dengan mereka semua.

"Ferguson punya kepribadian kuat dan bekerja dengan mereka secara psikologis. Ini sangat penting," tutup mantan pemain yang terkenal dengan insiden kung-fu kick tersebut.

Berita Terkait: