Firman Utina Pemain Terbaik Piala AFF 2010

Kamis, 30 Desember 2010

Timnas Indonesia mendapat hadiah hiburan meskipun kalah dari Malaysia di final Piala AFF 2010. Wakil kapten sekaligus motor serangan 'Merah Putih', Firman Utina, terpilih sebagai pemain terbaik turnamen.

Kemenangan 2-1 atas Malaysia di leg 2 final Piala AFF tetap tak mampu mengantarkan Indonesia menjadi kampiun. Pasukan Alfred Riedl kalah agregat 2-4 dan harus puas dengan predikat runner up.

Kekecewaan jelas dirasakan oleh Firman Utina dkk dan seluruh bangsa Indonesia. Tetapi kita harus tetap berbangga hati setelah Firman terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) alias pemain terbaik turnamen.

Firman menjadi pemain Indonesia pertama yang meraih penghargaan pemain terbaik. Atas penghargaan yang diperolehnya, gelandang Sriwijaya FC ini berhak atas hadiah uang US$ 10.000 (sekitar Rp 89,92 juta).

Firman memang tampil luar biasa di sepanjang turnamen. Bersama Ahmad Bustomi, pemain 29 tahun ini jadi motor serangan tim 'Merah Putih'. Mantan pemain Arema, Pelita Jaya, dan Persija ini juga mencetak dua gol saat Indonesia menang 6-0 atas Laos di babak penyisihan grup.

Sayangnya, performa apik Firman jadi tidak sempurna karena Indonesia gagal juara Piala AFF. Kegagalan Firman mengeksekusi penalti di laga final leg 2 juga menodai penampilan hebatnya di turnamen kali ini.

Daftar pemain terbaik Piala AFF:
1996 Zainal Abidin Hassan (Malaysia)
1998 -
2000 Kiatisuk Senamuang (Thailand)
2002 Therdsak Chaiman (Thailand)
2004 Lionel Lewis (Singapura)
2007 Noh Alam Shah (Singapura)
2008 Duong Hong Son (Vietnam)
2010 Firman Utina (Indonesia)

Berita Terkait: