Berbatov: Daripada Tinggalkan Manchester United Saya Lebih Memilih Pensiun

Kamis, 23 Desember 2010

Dimitar Berbatov menegaskan komitmen penuhnya bersama Manchester United. Striker Bulgaria ini bahkan lebih memilih gantung sepatu ketimbang harus meninggalkan Old Trafford.

Sejak bergabung dengan skuad Setan Merah pada 2008, Berbatov memang harus bekerja keras membuktikan kapasitasnya sebagai bomber tajam. Pada musim pertamanya, Berba kerap menuai kritik lantaran hanya mampu mendulang 14 gol dari 43 penampilan yang dimainkannya.

Memasuki musim keduanya (2009/2010), Berba belum juga mampu menunjukkan kapasitasnya. Mahar cukup tinggi yakni 30 juta poundsterling yang dirogoh United saat merekrutnya dari Tottenham Hotspur juga kerap membuatnya tertekan sehingga hanya mampu mencetak 12 gol dari 43 laga.

Namun memasuki musim ketiganya, Berba mulai menunjukkan kebolehannya dalam membobol gawang lawan. Anjloknya performa Wayne Rooney akibat terganjal skandal seks dengan PSK, mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Berba. Striker yang baru saja terpilih sebagai pemain terbaik Bulgaria selama tujuh tahun berturut-turut ini tersebut, bahkan tampil sebagai top skor sementara di kancah Premier League dengan torehan 11 gol.

Sekarang kontrak Berba di United hanya menyisakan 18 bulan ke depan. Tanda tanya terkait masa depannya pun menyeruak. Namun, dengan lantang, mantan bomber Bayer Leverkusen menegaskan bahwa dirinya tak pernah berpikir untuk meninggalkan United.

“Saya berjuang untuk mendapatkan kesempatan bermain di United. Dan saya pastikan akan sangat kecewa bila harus hengkang,” papar Berbatov sebagaimana dikutip Telegraph, Kamis (23/12/2010).

“Mengapa saya harus melakukan hal ini? Karena saya berpikir lebih baik saya pensiun dari sepak bola ketimbang harus hengkang dari United,” tandasnya.

Meski sempat tenggelam di dua musim pertama yang dijalaninya, namun Berbatov kini mulai menunjukkan kontribusi besarnya, terutama dalam urusan membobol gawang lawan. Hebatnya, musim ini Berba berhasil mencatatkan dirinya dalam buku sejarah di Premier League saat mencetak lima gol dalam kemenangan 7-1 United atas Blackburn Rovers.

Torehan lima golnya tersebut membuatnya tercatat sebagai pemain keempat dalam sejarah Premier League yang mampu mencetak lima gol sekaligus dalam satu pertandingan. Tiga pemain yang sebelumnya sempat mencatatkan rekor tersebut adalah Andy Cole, Alan Shearer dan Jermaine Defoe.

Berita Terkait: