Arsenal 1-3 West Brom (25/09/2010)

Minggu, 26 September 2010

Arsenal mencatatkan kekalahan kandang pertamanya di Liga Primer musim ini. The Gunners keok 2-3 dari West Bromwich Albion setelah sebelumnya ketinggalan tiga gol.

Menjamu West Brom di Emirates, Sabtu (25/09/2010), Arsenal tampil dominan walau tak kunjung bisa menjebol gawang lawan. Paruh pertama laga pun berakhir 0-0.

Di awal babak kedua West Brom, yang membuang peluang dari titik putih di babak pertama, menggebrak dengan sepasang gol dalam waktu berdekatan.

Arsenal makin tertinggal setelah West Brom membuat gol ketiganya. Asa sempat lahir berkat sepasang gol Samir Nasri, tapi pada akhirnya Arsenal harus mengakui keunggulan West Brom.

Ini membuat Arsenal berada di posisi dua klasemen Liga Primer dengan poin 11 dan berpotensi digeser Manchester United yang belum melakoni partainya. Sementara West Brom, yang tengah pekan lalu juga mengalahkan Manchester City di Piala Liga, kini naik ke posisi lima dengan poin 10.

Arsenal langsung mengambil inisiatif serangan mulai dari menit awal. Hasilnya pada menit sembilan Gael Clichy berhasil melepaskan tembakan kendati masih bisa dihalau Pablo Ibanez.

Lima menit berselang, giliran Andrei Arshavin yang mencatatkan peluang. Menerima bola dari Emmanuele Eboue, dua kali Arshavin mengirim bola ke mistar gawang dalam waktu beruntun.

Peluang lagi-lagi dibuat para pemain Arsenal, kali ini di menit ke-19. Bacary Sagna mengirim bola ke arah Marouane Chamakh yang bisa melepaskan diri dari kawalan lawan untuk menanduk bola. Si kulit bundar melesat tipis di sisi gawang.

West Brom mendapat kesempatan langka pada menit 27. Peter Odemwingie berhasil masuk ke dalam celah pertahanan Arsenal dan melepaskan tembakan meski Manuel Almunia masih sigap menepis.

Delapan menit sebelum turun minum, West Brom mendapat peluang emas lain usai wasit menunjuk titik putih usai Almunia menjatuhkan Odemwingie di kotak terlarang.

Chris Brunt maju menjadi eksekutor penalti tapi Almunia dengan jitu sukses menebak arah bola dan lekat menangkapnya. Kans bikin gol pun pupus.

Sesaat sebelum turun minum, Arsenal kembali mengancam. Kali ini dari Sagna yang tandukannya masih bisa ditepis Scott Carson ke atas mistar gawangnya.

Lima menit memasuki babak kedua, Arsenal justru tertinggal. Dari sisi kiri, Sagna lengah mengawal lawan yang bisa mengirim bola ke muka gawang. Odemwingie yang sudah menanti langsung menjulurkan kaki untuk menyodok bola masuk ke dalam gawang.

Hanya berselang sesaat, West Brom menggandakan keunggulan lewat Gonzalo Jara. Usai bekerjasama satu-dua dengan rekannya, Jara berhadapan dengan Almunia dan melepaskan tembakan. Almunia sebenarnya berdiri tepat di laju bola, tapi si kulit bundar malah memantul ke dalam gawang.

Arsenal kemudian mencatatkan peluang lagi, masing-masing pada menit 58 dan 65. Yang pertama dibuat Nasri meski penyelesaian akhirnya terlalu mudah dijinakkan Carson. Alex Song menghadirkan kans kedua kendati tandukannya dari jarak dekat belum menemukan sasaran.

Justru gawang Arsenal kembali kebobolan pada menit 73. Kesalahan kembali dibuat Almunia yang terpancing keluar sarang tapi gagal mengambil bola dari Brunt, yang kemudian mengirim bola ke tiang jauh. Jerome Thomas lantas dengan mudah mengirim bola ke dalam gawang kosong.

Dua menit setelah gol itu, Arsenal menipiskan ketinggalan lewat Nasri. Menerima bola di area gawang lawan, Nasri dengan tenang mengecoh lawan dan menceploskan bola.

Pada menit 90, Nasri membuat satu gol lagi usai lolos dari jebakan offside. Kedudukan jadi 2-3 dengan injury time diberikan lima menit.

Susunan Pemain:
Arsenal: Almunia; Sagna, Koscielny (Vela 66), Squillaci, Clichy, Eboue (Wilshere 56), Diaby (Rosicky 56), Nasri, A Song, Arshavin, Chamakh.

West Brom: Carson, Olsson, Pablo, Shorey, Jara, Morrison (Dorrans 78), Brunt, Thomas (Tchoyi 83), Mulumbu, Scharner(Reid 71), Odemwingie

Berita Terkait: