Swiss Imbang Tersingkir Dari Piala Dunia 2010

Sabtu, 26 Juni 2010

Laga penyisihan terakhir Grup H antara Swiss dan Honduras berakhir imbang 0-0. Dengan hasil ini, Swiss dipastikan gagal melangkah ke babak 16 Besar.

Duel antara Swiss melawan Honduras diadakan di Free State Stadium, Sabtu 26/06/2010 dinihari WIB.

Di babak pertama pertandingan terasa datar namun memasuki paruh kedua permainan lebih atraktif dan menghasilkan banyak peluang dari kedua kubu. Akan tetapi peluang tersebut tidak ada yang berhasil menjadi gol dan pertandingan pun berakhir dengan tanpa gol.

Dengan hanya meraup satu poin, Swiss kini finis di urutan tiga klasemen dengan nilai empat dan praktis gagal melaju ke babak perdelapan final menyusul Honduras yang sudah lebih dulu tersisih.

Sejak peluit kick off, kedua tim memainkan tempo permainan yang lambat. Hingga menit ke-10 usia pertandingan belum ada yang berhasil membuat kesempatan.

Swiss membuka peluang di pertandingan ini pada menit 17. Tranquillo Barnetta melepas umpan terobosan ke depan gawang Honduras yang disambut tandukan Eren Derdiyok. Bola masih melebar.

Bombardir Swiss terus berlanjut. Di menit 22 Barnetta yang menggiring bola langsung menendang bola dari luar kotak penalti. Tapi bola masih lengket dengan kiper Noel Valladares.

Permainan yang ditampilkan kedua tim cukup datar. Baru 16 menit kemudian Swiss baru melahirkan peluang lewat Derdiyok hasil operan Barnetta. Tapi tendangannya masih bisa diblok.

Tiga menit menjelang jeda, permainan menjadi lebih hidup.

Blaise N'Kufo membuang sebuah peluang emas yang berpotensi menjadi gol. Derdiyok mengirim umpan silang tapi N'Kufo yang sudah dalam posisi tepat gagal mengontrol bola dengan baik sehingga bola bisa diamankan pemain Honduras.

Semenit kemudian, N'Kufo lagi-lagi gagal memanfaatkan peluang. Reto Ziegler menendang bola dari situasi set-piece dan menemui N'Kufo yang menyambarnya dengan tandukan. Bola masih melebar. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum

Honduras membuat sebuah peluang emas di menit 53. Edgar Alvarez mengirim crossing cantik dari sisi kanan lapangan tetapi bola yang ditanduk David Suazo masih melebar tipis.

Pemain pengganti, Hakan Yakin mencoba membuat gol dari situasi set play pada menit 52. Sayang tendangannya mengarah tepat di pelukan Valladeres.

Delapan menit berselang, Barnetta membuat tembakan langsung hasil operan dari Gokhan Inler. Tapi bola masih bisa ditangkap oleh kiper Honduras.

Diego Benaglio melakukan penyelamatan brilian di menit 71. Honduras berhasil membuat serangan balik dari sudut lapangan dan bola berada di kaki Suazo yang sudah dalam posis menguntungkan untuk mencetak gol. Bola bisa ditepis.

Swiss balik menyerang di menit 73. Yakin meliuk-meluk dan mengirim umpan kepada Alexander Frei tapi bola masih belum tepat sasaran.

Banetta melakukan sebuah tendangan keras kaki janan dengan kaki kananya menit 79. Sayang bola belum mau masuk ke jaringnya.

Honduras sebenarnya telah membuat gol ke gawang Benaglio. Namun karena posisi Derdiyok sudah berada dalam posisi offside maka gol dianulir.

Memasuki menit 90, Honduras membuat dua serangan sekaligus. Akan tetapi bola masih belum dapat berubah menjadi gol.

Dua menit waktu tambahan, Yakin bikin peluang. Sayang headingnya masih lurus ke arah Valladares. Skor tidak berubah 0-0 hingga peluit akhir.

Susunan Pemain
Swiss: 1-Diego Benaglio, 13-Stephane Gritching, 5-Steve von Bergen, 17-Reto Ziegler, 2-Stephan Lichsteiner, 8-Gokhan Inler, 6-Benjamin Huggel (23-Xherdan Shaqiri 78'), 16-Gelson Fernandes (15-Hakan Yakin 45'), 7-Tranquillp Barnetta, 10-Blaise NKufo (9-Alexander Frei 68'), 19-Eren Derdiyok

Honduras: 18-Noel Valladares, 3-Maynor Figueroa, 2-Osman Chavez, 16-Mauricio Sabillon, 5-Victor Bernardez, 6-Henry Thomas, 8-Wilson Palacios, 7-Ramin Nunez (15-Walter Martinez 67'), 17-Edgar Alvarez, 10-Jerry Palacios (12-Georgie Welcome 76'), 11-David Suazo

Berita Terkait: