Belanda Menang 2-1 Dan Lolos ke 16 Besar Piala Dunia 2010

Jumat, 25 Juni 2010

Tiga laga di Grup E dilalui Belanda dengan sempurna setelah mengumpulkan 9 angka. Melawan Kamerun di laga terakhir, Jumat 25/06/2010 dinihari WIB, 'Singa Oranye' menang lewat skor tipis 2-1.

Dalam laga yang dihelat Free State Stadium, Belanda menutup keunggulan di babak pertama lewat Robin Van Persie. Samuel Eto'o menyamakan kedudukan lewat penalti namun Klaas Jan Huntelaar memastikan kemenangan bagi timnya.

Belanda kokoh dengan nilai sembilan dari tiga laga berlalu. Sementara itu Kamerun mengakhiri petualangannya di Piala Dunia kali ini dengan hampa poin. Di babak 16 besar Belanda bertemu runner up Grup F Slovakia.

Belanda membuat peluang pertama pada menit ke-18. Umpan Giovanni van Bronckhorst menemui Van Persie dan ia pun melepaskan tembakan yang tepat mengarah ke kiper Hamidou Souleymanou.

Dirk kuyt mengancam gawang Hamidou setelah tembakannya dari luar kotak penalti masih melenceng tipis di sisi kanan gawang.

Di menit ke-35 Belanda memecah kebuntuan. Umpan satu dua Van Persie dan Rafael van Der Vaart membelah pertahanan Kamerun. Nama terakhir memberikan assist kepada Van Persie yang diselesaikan dengan tendangan terukur ke gawang Kamerun yang dikawal Hamidou.

Skor 1-0 pun bertahan hingga turun minum.

Lima menit pada babak kedua tembakan Van Persie masih bisa diamanakan Hamidou. Dan delapan menit kemudian tendangan Eto'o masih bisa diblok Van Bronckhorst sebelum menuju gawang Belanda.

Di menit ke-65 Eto'o mencetak gol yang menyamakan kedudukan jadi 1-1. Lewat titik penalti menyusul handball Van Der Vaart, Eto'o menaklukkan Marten Stekelenburg di bawah mistar.

Huntelaar penyerang AC Milan itu membuat Belanda kembali memimpin di menit ke-83. Diawali sepakan Arjen Robben yang mengenai tiang, bola muntah langsung disambar Huntelaar untuk menjebol gawang Hamidou.

Susunan pemain
Kamerun: 16-Hamidou Souleymanou; 19-Stephane Mbia, 7-Landry Nguemo, 3-Nicolas Nkoulou (4-Rigobert Song 74'), 2-Benoit Assou-Ekotto, 8-Geremi, 11-Jean Makoun, 6-Alexandre Song, 9-Samuel Eto'o, 13-Eric Choupo-Moting (17-Mohamadou Idrissou 72'), 12-Gaetan Bong (23-Vincent Aboubakar 56').

Belanda: 1-Maarten Stekelenburg; 12-Khalid Boulahrouz, 3-John Heitinga, 4-Joris Mathijsen, 5-Giovanni van Bronckhorst; 7-Dirk Kuyt (17-Eljero Elia 66'), 6-Mark van Bommel, 10-Wesley Sneijder, 8-Nigel de Jong, 23-Rafael van der Vaart (11-Arjen Robben 73'); 9-Robin van Persie (21-Klaas Jan Huntelaar 59').

Berita Terkait: